Wuih..Kabin Ford Fiesta Diklaim Paling Senyap
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 2 April 2010 18:37 WIB
Hatchback baru Ford, Ford Fiesta, yang akan diluncurkan di Indonesia bulan Juli mendatang. (AP Photo/Carlos Osorio)

TEMPO Interaktif, Los Angeles:Kabar terbaru ihwal hatchback Ford Fiesta, kembali dimaklumkan Ford Motor Company. Pabrikan asal Amerika Serikat itu menyebut, model anyar besutannya itu memiliki tingkat kebisingan dan getaran di kabin lebih rendah ketimbang Honda Fit (Honda Jazz) dan Toyota Yaris.

Dengan kata lain, ruang kabin Fiesta lebih senyap dibanding dua hatchback asal Jepang itu saat mobil dikendarai. "Semua pembeli menginginkan mobil yang lebih tenang," tutur Steve Pintar, Kepala Desainer Ford Fiesta, seperti dikutip autoevolution.com.

Bagi orang yang mengemudi Fiesta, kata Pintar, kesenyapan kabin mobil itu merupakan hal yang sangat mengagumkan. "Dengan demikian, mereka bisa menikmati percakapan dengan teman mereka atau menikmati lagu favoritnya dengan nyaman," terang dia.

Pabrikan itu menegaskan, pihaknya telah melakukan uji coba terhadap aspek kebisingan, getaran, dan kekerasan (noise, vibration, and harshness) Ford Fiesta. Hasilnya, saat mobil melesat di kecepatan 80 mil per jam atau 128 kilometer per jam tingkat kebisingan Fiesta hanya 25,4 sones.

Sementara Honda Fit (Jazz) disebut 27,6 sones. Sedangkan Toyota Yaris 26,2 sones. Bahkan, Fiesta diklaim lebih senyap ketimbang Toyota Corolla yang kebisingan dan getarannya mencapai 30,3 sones.

Fiesta diproduksi dalam dua varian mesin bensin 1.400 cc dan 1.600 cc. Masing-masing ditawarkan dalam versi sedan empat pintu dan hatchback lima pintu. Masing-masing juga telah dilengkapi fitur keselamatan dan kenyamanan berupa piranti Electronic Stability Programme (ESP), airbag disamping pengemudi, Antilock Brake System (ABS) dengan Electronic Brakeforce Distribution (EBD).

Sementara PT Ford Motor Indonesia (PT FMI) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Ford di Indonesia telah mengumumkan untuk memboyong produk anyar Ford itu ke tanah air pada Juli mendatang.

Bahkan, sejak awal tahun ini, PT FMI telah melakukan hitungan mundur, untuk peluncuran Ford Fiesta. Hanya, untuk pasar tanah air, PT FMI akan memboyong varian hatchback Fiesta saja.

Hingga kini tidak ada perubahan jadwal rencana peluncuran Fiesta baru itu. "Masih tetap seperti jadwal semula. Karena tetap optimistis, model baru itu sudah ditunggu-tunggu oleh penggemar Fod di tanah air," aku Davy Tuiland, Direktur Pemasaran PT FMI.

Ihwal harga, Davy mengaku masih belum menetapkan besarannya. Meski demikian, pria ramah itu memberikan ancar-ancar, banderol harga untuk generasi anyar Ford itu tak akan terpaut jauh dengan Honda Jazz, Honda Freed, Toyota Yaris, serta Mazda 2. "Yang pasti kompetetif," tandas Davy kepada Tempo beberapa waktu lalu.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi