Toyota iQ Scion, Mobil Mungil Sarat Fitur Canggih  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 2 April 2010 22:15 WIB
Google.com

TEMPO Interaktif, Nw York:Setelah lama ditunggu-tunggu, Rabu (31/3) akhirnya Toyota Motor Corporation meluncurkan mobil mungil Toyota iQ Scion di gelaran New York Auto Show 2010. Mobil yang mampu menampung tiga penumpang dewasa dan satu anak-anak itu dilengkapi sejumlah fitur canggih.

Selain Vehicle Stability Control (VSC) dan sistem rem anti-lock (ABS) dengan Electronic Brake force Distribusi (EBD), hatchback mungil itu juga dilengkapi Brake Assist (BA) dan Traction Control (TRAC). "Bahkan, 10 buah airbag -salah satunya berupa tirai di pintu belakang- menjadi perlengkapan standar mobil ini," sebut siaran pers Toyota seperti dikutip motorauthority.com

Selain piranti itu, Toyota juga menambahkan perangkat hiburan berupa sistem audio dua din dengan enam buah speaker. Koneksi MP3 dan USB pun tersedia.

Meski kapasitas mesin iQ hanya 1.300 cc empat silinder, namun tenaganya mencapai 90 daya kuda. Sedangkan teknologi Variable Valve Timing with intelligence (VVTi) yang disandangnya menjadikan iQ Scion irit bahan bakar, yaitu hanya 4,3 liter untuk 100 kilometer jarak yang ditempuh.

Hatchback tiga pintu itu juga diklaim sangat cocok untuk transportasi di kota. Sebab, berkat sumbu roda yang hanya 2 meter (m) yang didukung suspensi MacPherson struts up (di bagain depan) dan torsion beam, mobil ini sangat lincah diajak bermanuver.

Bahkan, mobil dengan panjang 2,98 meter (m), lebar tak lebih dari 1,6 m, dan tinggi 1,5 m itu juga dilengkapi steering-wheel-mounted controls. Walhasil, tak hanya lincah tetapi juga aman. Ihwal keceoatan, Toyota menyebut mobil ini bisa digeber hingga 170 kilometer per jam.

Selain ditawarkan dalam varian mesin 1.300 cc, mobil ini juga ditawarkan varian mesin 1.000 cc. Namun fitur yang melengkapinya tak ada perbedaan. Hanya di sektor dapur pacu saja yang membedakan dua varian tersebut.

Tenaga varian kedua itu mencapai 70 daya kuda. Konsumsi bahan bakarnya, hanya terpaut sedikit dibanding varian 1.300 cc, yaitu 4,3 untuk 100 km. Hanya, Toyota tak menyebut banderol harga untuk model anyarnya itu.

Pabrikan ini hanya menyebut, selain dipasarkan di Amerika, iQ Scion juga dipasarkan di Eropa dan Jepang mulai akhir 2010 ini.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi