Pulsar 135 LS Dilepas Rp 14,7 Juta  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 14 April 2010 15:03 WIB
Bajaj Pulsar. TEMPO/Arif Arianto

TEMPO Interaktif, Jakarta:Satu lagi motor sport masuk ke pasar otomotif tanah air. Kamis (14/4) PT Bajaj Auto Indonesia (PT BAI) resmi meluncurkan model anyarnya, Bajaj Pulsar 135 cc LS. Motor yang diposisikan sebagai tunggangan para komuter dan bikers itu dibanderol Rp 14,7 juta on the road Jakarta.

"Kami memposisikan sebagai notor komuter dan bikers, karena teknologi maupun fitur motor ini memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan dua kalangan itu," tutur M. Rizal Tandju, Marketing & Public Relation Assisten Manager PT BAI, di sela peluncuran, di Jakarta, Rabu (14/4).

Rizal menegaskan, motor sport ini dirancang dengan bobot ringan, lincah untuk bermanuver, irit bahan bakar, serta dibanderol dengan harga terjangkau. Bobot Pulsar anyar ini hanya 122 kilogram. "Sehingga memberikan perbandingan rasio tenaga dan berat terbaik di kelasnya," klaim dia.

Sementara dengan teknologi empat katup (klep), diakui sangat memungkinkan mesin mendapat aliran bahan bakar dan udara yang lebih bebas dan efisien. Terlebih ruang bakar juga mengalami sentuhan inovasi dengan digunakannya teknologi busi kembar (twin spark) DTS-i.

Paduan inovasi di ruang bakar dengan teknologi empat katup tersebut menghasilkan pembakaran yang cepat dan tenaga yang besar. Walhasil, mesin dapat menyemburkan tenaga secara terus menerus hingga 13,5 daya kuda pada 9.000 rpm dan torsi maksimum 11,4 Newton meter pada 7.500 rpm.

"Berkat teknologi itu pula, motor ini mampu berakselerasi dari posisi diam atau nol kilometer (km) per jam hingga 60 km per jam hanya dalam waktu 5,1 detik. Kecepatan maksimal mencapai 115 kilometer per jam," jelas Rizal.

Dengan serangkaian sentuhan inovasi tersebut, Pulsar 135 LS ini selain lincah diajak bermanuver juga irit bahan bakar. "Inilah yang kami maksud memenuhi kebutuhan komuter dan bikers itu. Selama ini orang selalu beranggapan bahwa motor sport itu berbobot berat, mahal, dan boros bahan bakar," terangnya.

Lantas bagaimana komentar masyarakat? "Saya sih melihatnya Pulsar 135 LS itu sebagai terobosan berani dari Bajaj. Sebab tampilannya mulai dari lampu sampai spark board belakang ini benar-benar baru dan desainnya unik. Begitu pula dengan desain tangki, jok yang split menjadi ciri khas motor sport. Terlebih harganya kompetitif," ujar Taufik Hidayat, blogger otomotif kepada Tempo di lokasi peluncuran.

Tapi tak hanya tampilan saja yang membuat Taufik merasa tertarik. Performa mesin yang ditawarkan generasi anyar di trah Pulsar itu pun dia nilai juga memiliki daya saing yang cukup tinggi, khususnya bila disandingkan dengan model sekelasnya.

"Meski ini bukan head to head, karena masing-masing segmennya beda, tetapi Pulsar anyar ini boleh menepuk dada bila disandingkan dengan Honsa CS1 110 cc, Suzuki Thunder 125 cc, maupun Yamaha Yupiter MX 135 cc," jelas biker yang juga penggiat kampanye keselamatan berkendara itu.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi