Honda Akan Produksi Skuter Listrik
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 14 April 2010 18:43 WIB
autoevolution.com

TEMPO Interaktif, Tokyo:Seperti halnya mobil listrik dan hybrid -paduan mesin konvensional dengan motor listrik- yang keberadaannya terus berkembang di berbagai belahan dunia, motor bertenaga setrum bakal marak.

Terbukti, Honda Motor - pabrikan otomotif asal Jepang - mengumumkan akan memproduksi dan memasarkan skuter listrik di pasar Asia.

Pabrikan otomotif Jepang itu, Selasa (13/4) kemarin juga memperkenalkan prototipe skuter listrik tersebut. Malah, pabrikan berlambang sayap mengepak ini menegaskan, mulai memproduksi skuter listrik itu mulai Desember 2010.

Sejatinya konsep skuter listrik besutan Honda itu telah dipamerkan di ajang Tokyo Motor Show, Oktober 2009 lalu. "Honda saat ini tengah melakukan penelitian dan pengembangan baik terhadap produk maupun pasar," sebut siaran pers Honda seperti dikutip autoevolution.com

Sementara sumber Honda seperti dikutip Nikkei mengatakan, motor listrik yang digunakan skuter listrik itu setara dengan mesin berkapasitas 50 cc. Sumber tenaganya berasal dari baterai ion lithium.

Bila baterai terisi penuh, skuter mampu menempuh jarak 30 kilometer. Pengisian baterai juga cukup mudah, melalui instalasi listrik rumah. Jangka waktu pengisian hingga baterai penuh juga cukup singkat, yaitu 4 jam.

Selain mudah pemakaian dan perawatannya, baterai yang diproduksi kerjasama antara Honda Motor dengan pabrikan elektronik Toshiba itu juga tahan lama. Honda mengklaim usai pakai baterai mencapai 6.000 kali pengisian.

Skuter listrik yang diberi nama EV-Neo itu memiliki panjang 1,82 meter (m), lebar 0,69 m, dan tinggi 1,06 m. Rencananya, Honda membanderol skuter listrik itu 500 ribu yen atau sekitar Rp 4,85 juta.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi