Mazda Diminta Hentikan Penjualan RX-8 di Eropa  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 15 April 2010 22:04 WIB
.

TEMPO Interaktif, Stockholm:Setelah dikabarkan menarik model Mazda 3 di Jepang dan Cina, kini datang lagi kabar tak bagus dari daratan Eropa. Auto Motor & Sport Swedia melalui thetruthaboutcars.com mewartakan, pabrikan asal Jepang itu diminta untuk menghentikan penjualan sedan sportnya Mazda RX-8 di wilayah Eropa.

Kepala Mazda Motors di Jerman, Joseph Alois saat wawancara dengan media itu menyebutkan, alasan Eropa melarang penjualan RX-8 karena mesin sedan itu dinilai tidak memenuhi standar emisi Euro 5.

Sementara, surat kabar Swedia menyebut Mazda saat ini tengah mempertimbangkan Mazda RX-7 versi dua pintu untuk menggantikan saudaranya itu guna memenuhi pasar Eropa sembari menunggu solusi yang tepat. Hanya, untuk mencari pengganti mesin rotary RX-8 juga bukan perkara gampang.

Bahkan sumber itu menyebut, bila hingga 2013 tak juga kunjung memperoleh solusi, sebaiknya upaya itu ditinggalkan. "Sebab, satu tahun berikutnya yaitu 2014 standar emisi di Eropa telah menggunakan standar Euro 6. Standar ini jauh lebih ketat dibanding Euro 5 yang mulai berlaku 2009," aku sumber tersebut.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi