Jangan Lupa, Rawatlah Helm Anda
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 19 April 2010 21:53 WIB
TEMPO/Adri Irianto
TEMPO Interaktif, Jakarta - Helm bukan sekedar pelengkap berkendara. Helm juga butuh perawatan agar kelihatan tetap bersinar, dan higienis dari segi kesehatan. Berikut ini beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan untuk merawat pengaman kepala Anda.

1. Biasakan Membuka KacaBiasakan membuka kaca penutup, khususnya jenis full face, saat helm tak digunakan. Bila dibiarkan tertutup, udara pengap dan bau keringat akan terperangkap di dalam helm. Bau menyengat juga akan timbul bila tak tersentuh sinar matahari dalam waktu lama. Hawa panas dalam helm akan mengendap pada lapisan busa dan inilah yang menyebabkan bau tak sedap.

2. Perhatikan Ventilasi HelmKetika menyimpan helm, buka ventilasi helm agar udara tetap bersirkulasi dengan baik. Salah satu cara termudah, buka kaca dan seluruh lubang ventilasi. Bau sisa keringat akan bersirkulasi dan memiliki jalan keluar untuk menguap.

3. Biasakan MenjemurJemur helm setelah penggunaan jarak jauh. Menjemur helm ini setidaknya dilakukan seminggu sekali, apalagi jika helm Anda digunakan setiap hari. Caranya, letakan helm dalam posisi terbalik dengan kaca dan seluruh bagian ventilasi terbuka. Ruang terbuka bagian bawah helm mempercepat penguapan butiran keringat dalam helm. Dan sinar ultra violet matahari mampu menetralisasi bar keringat itu.

4. MemolesSupaya helm selalu terlihat seperti baru poles bagian luar helm dengan pasta pengkilap secara merata. Selain menjaga ketahanan warna helm, hal ini juga agar debu tidak mudah menempel.

5. Gunakan WewangianAda berbagai jenis pewangi untuk helm. Yang paling mudah adalah menggunakan kapur barus. Namun hati-hati memilih jenis pengharum. Jika menggunakan minyak wangi, pilih yang mengandung kadar alkohol rendah. Bila terpaksa memakai pewangi beralkohol tinggi, usahakan saat menggunakannya dalam jumlah sedikit. Karena busa helm cepat kering dan kisut bila sering terkena alkohol. Semprotkan minyak wangi sedikit saja dalam jarak cukup jauh. Jika kaca helm terkena alkohol, segera bersihkan dengan tisu atau kain halus agar tidak muah berjamur.

6. Perhatikan Tempat PenyimpananJika helm sudah selesai dipoles dan diharumkan, simpan di tempat yang bebas debu dan tidak terkena matahari secara langsung. Jangan juga menaruh helm pada tempat yang lembab. Supaya wewanggian tak terlalu menyengat, buka seluruh ventilasi dan kaca helm.

ARIFUDIN

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi