Refine IV, Pesaing Alphard dan Elgrand dari Cina
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 22 April 2010 19:31 WIB
www.chinacarforums.com
TEMPO Interaktif, Jakarta - Anhui - Jianghuai Automobile Corporation (JAI) mungkin satu nama yang masih asing di jagad otomotif internasional. Namun, meski nyaris tak terdengar di percaturan pasar mobil dunia, ternyata pabrikan ini memiliki gebrakan yang luar biasa.

Terbukti, setelah memproduksi varian Sport Utility Vehicle (SUV) Rein yang tamnpilannya sangat mirip Honda CR-V, Toyota Fortuner, bahkan Mitsubishi Pajero Sport, kini pabrikan itu akan meluncurkan Multi Purpose Vehicle (MPV) mewah Refine IV.

Sumber di pabrikan itu seperti dikutip chinacartimes. com, Kamis (22/4) menyebut, MPV anyar itu akan diboyong sekaligus diluncurkan di gelaran Beijing Auto Show 2010 yang berlangsung 23 April - 1 Mei. “Versi produksi Refine IV ini memiliki perbedaan yang sangat signifikan dengan versi konsepnya yang diperkenalkan beberapa tahun lalu,” paparnya.

JAI mengaku, MPV besutannya itu dirancang di sebuah perusahaan rancang bangun mobil Italia. Mobil yang sekilas mirip dengan Toyota Alphard dan Nissan Elgrand itu diposisikan sebagai mobil kelas menengah atas. “Tetapi irit bahan bakar serta ramah lingkungan,” tandas sumber itu.

Sementara itu situs insidelines.com memaparkan, MPV itu memiliki panjang 5,18 meter (m), lebar 1,84 m, serta tinggi 1,97 m. Sedangkan jarak sumbu rodanya 3,8 m.

Refine IV dibekali mesin 2.000 cc TCI (Transistorized Control Ignition). Mesin itu diakui mampu menyemburkan tenaga hingga 177 daya kuda dan torsi 260 Newton meter (Nm).

Soal fitur keselamatan dan kenyamanan, JAI menyebut tak kalah dengan mobil keluaran Jepang., Eropa, dan Amerika. Faktanya, mobil ini memang dibekali Antilock Brake System (ABS) berikut Electronic Brakeforce Distribution (EBD), rear camera dan lain-lain.

Tak hanya itu. Balutan kulit kelas wahid terlihat di seluruh jok. Sementara di dashboard terlihat seperangkat audio video system plus koneksi Bluetooth, iPod, MP3 serta DVD player. Kaca jendela sudah menggunakan sistem elektrik, dan tak lupa piranti pendingin udara (AC).

Hanya JAI tak menyebut berapa MPV anyar itu akan dibanderol. Pun dengan wilayah yang akan disasar untuk menjajakan mobil besutannya itu.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi