Kia Forte Mobil Paling Aman Versi IIHS
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 23 April 2010 22:11 WIB
KIA

TEMPO Interaktif, New York:Sedan besutan Kia Motors, Kia Forte, dinobatkan sebagai mobil dengan tingkat keamanan tertinggi 2010 oleh Lembaga Asuransi Keselamatan Jalan Raya (Insurance Institute for Highway Safety/IIHS). Sedan asal Negeri Ginseng tersebut menempati urutan pertama di kategori sedan bersanding dengan Honda Civic dan Toyota Corolla.

Seperti diwartakan autosnewspaper.com, setelah melalui serangkaian ketangguhan yang berupa tabrak dari depan dan samping serta kekuatan atap mobil, Kia Forte mendapatkan nilai Good alias peringkat tertinggi dalam ajang pengujian tersebut.

"Pengujian kekuatan atap merupakan materi uji baru. Dalam pengujian itu, atap diberi beban yang beratnya beberapa kali lipat bobot mobil. Pengujian itu bertujuan untuk mengetahui kekuatan atap bila mobil terguling. Sehinga, penumpang akan selamat," sebut situs itu mengutip sumber di IIHS, Jumat (23/4).

Selain itu, mobil yang diuji juga harus memiliki piranti Vehicle Stability Program, dan Kia telah melengkapi Forte dengan piranti tersebut. "Piranti itu merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan predikat Top Safety Pick tersebut," tutur sumber di IIHS.

Sedan Kia Forte diproduksi dalam dua tipe mesin yaitu mesin bensin 1.600 cc dan 2.000 cc. Sejumlah fitur keamanan dan kenyamanan disematkan di sedan itu, diantaranya active front headrests, advanced two-stage airbags, front seat-mounted, serta side curtain airbags.

Selain itu, sedan anyar yang diluncurkan pertamakali pada pertengahan 2009 itu, juga telah dilengkapi rem cakram dengan antilock brake system (ABS), brake assist (BAS), electronic brake-force distribution (EBD). Tak hanya itu. Piranti electronic stability control (ESC), traction control system (TCS) dan tire pressure monitoring system (TPMS) juga dipasang di sedan tersebut.

Sementara itu, PT Kia Motor Indonesia (PT KMI) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek Kia di Indonesia mengaku akan memasarkan sedan itu pada semester dua tahun ini.

"Kami memang sudah merencanakan dan menunggu waktu yang tepat. Tahun ini kami melihat kondisi ekonomi nasional membaik termasuk pasar otomotif nasional," tutur Hartanto Sukmono Direktur PT KMI beberapa waktu lalu.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi