General Motors Perkenalkan Chevrolet MPV5  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 25 April 2010 13:32 WIB
Chevrolet Volt MPV5 (www.autoblog.com)

TEMPO Interaktif, Beijing:Pabrikan asal Amerika Serikat, General Motors (GM), memperkenalkan mobil konsep Chevrolet Volt MPV5 di ajang pameran Beijing Auto Show 2010 yang berlangsung 23 April - 1 Mei .

Pabrikan itu mengatakan, Varian Multi Purpose Vehicle (MPV) lima penumpang itu menggunakan sumber tenaga listrik. 150 daya kuda dan torsi 370 Newton meter (Nm). Daya tarik pasar Cina serta tren pasar otomotif dunia yang mengarakan ke mobil ramah lingkungan menjadi pertimbangan pabrikan itu untuk memboyong mobil konsep itu ke Beijing .

"Cepatnya pertumbuhan permintaan kendaraan pribadi di Cina, telah menciptakan persoalan lingkungan dan masalah kelangsungan sumber energi (bahan bakar)," sebut Kevin Wale, President & Managing Director of The GM Cina Group seperti dikutip chinacartimes, Minggu (25/4).

"GM berkomitmen untuk menemukan solusi untuk itu, termasuk menghadirkan mobil bertenaga listrik, tetapi itu bukan semata-mata di Cina tetapi juga pasar global. Dan kehadiran konsep MPV5 di Beijing ini merupakan wujud dari strategi pengembangan teknologi (ramah lingkungan ) tersebut," tambah Wale.

Memang, MPV5 dirancang dengan konsep milik saudaranya, sedan listrik Chevrolet Volt. "Mobil ini dibangun dengan konsep (mobil listrik) Chevrolet Volt. (MPV5) mengadaptasi konsep (Volt) dan diwujudkan dalam crossover. Mobil itu segera diproduksi dan menjadi keluarga besar Chevrolet," tutur Bob Boniface, Director of GM North America Crossover Design.

MPV lima pintu itu, dibekali motor listrik yang menyimpan sumber tenaga di baterai ion lithium dengan kapasitas 16 kilo watt jam (kWh). Tenaga yang disemburkan motor itu mencapai 111 kilo watt (kW) atau 150 daya kuda dan torsi 370 Newton meter (Nm). Waktu pengisian baterai hanya 4 - 8 jam.

Bila baterai berisi penuh, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 482 kilometer. Sedangkan kecepatan maksimumnya, 165 kilometer per jam. Mobil panjang 4,5 meter (m), lebar 1,8 m, serta tinggi 1,6 m itu juga diklaim memiliki kapasitas bagasi yang besar.

Bila kursi di baris kedua bisa dilipat kapasitas bagasi mencapai 1.764 liter. Bila kursi kedua itu tidak dilipat, kapasitas bagasi 863,7 liter. Namun sayang, hingga saat ini GM tak menyebut kapan mobil itu mulai diproduksi secara massal dan dipasarkan. Begitu pun dengan wilayah pemasarannya.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi