Kawasaki Kembali Masuk ke Pasar India  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 25 April 2010 15:45 WIB
Kawasaki 250 R. Dok: indian2wheels.com

TEMPO Interaktif, New Delhi:Pabrikan sepeda motor asal Jepang, Kawasaki Motor, Sabtu (24/5) mengumumkan resmi beroperasi di India. Kini, pabrikan itu mendirikan perusahaan baru di Pune, dengan nama India Kawasaki Motors Pvt. Ltd. Sebelumnya, Kawasaki menggunakan jaringan bajaj Auto untuk memasarkan produknya.

Sebagai gebrakan awal, Kawasaki mematok target bisa menjual 1000 unit produknya di negeri itu sepanjang 2010 ini. "Kawasaki Motors India juga berencana untuk memasarkan model superbike, sport, dan model cruiser. Saat ini hanya model Kawasaki Ninja 250 R yang dipasarkan di India, itu pun melalui gerai Bajaj Auto's Pro Biking milik Bajaj Auto," sebut indianon2wheels.com, Minggu (25/4).

Sementara seperti dikutip motoroids.com, juru bicara Kawasaki menyebut, pihaknya akan menggelontorkan dana 5 juta rupee atau sekitar Rp 1,022 miliar untuk memulai kembali beroperasi di India. Ia juga mengatakan, Kawasaki akan membangun unit perakitan dan jaringan penjualan.

Namun, untuk sementara ini, pihaknya masih akan menggunakan jaringan penjualan serta fasilitas perakitan milik Bajaj Auto. Kerjasama Kawasaki dan mitra lokalnya, Bajaj Auto, memiliki sejarah panjang.

Kerjasama kedua perusahaan itu dimulai pada 1984, yaitu saat pabrikan asal Jepang itu sepakat untuk memberikan bantuan teknik kepada Bajaj untuk memproduksi motor yang kemudian dikenal dengan Kawasaki Bajaj.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, Kawasaki mulai melepas Bajaj. Dan pabrikan lokal India itu pun memproduksi model dengan mereknya sendiri tanpa embel-embel Kawasaki lagi.

Sejak itulah, keduanya tak menjalin kerjasama dalam waktu cukup lama, hingga akhirnya pada Oktober 2007, melalui Bajaj Auto, Kawasaki meluncurkan model sport Ninja 250 R. Motor anyar itu dijajakan melalui jaringan Bajaj's Probiking.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi