Alamaak...Porsche Tarik 11.324 Unit Panamera
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 27 April 2010 22:12 WIB
Porsche

TEMPO Interaktif, Stuttgart:Berita penarikan produk kembali datang dari Porsche. Selasa (27/4), pabrikan mobil super cepat asal Jerman itu mengumumkan akan menarik 11.324 unit Porsche Panamera di berbagai belahan dunia.

Musababnya, sabuk pengaman tensioner yang merupakan salah satu fitur mobil itu, dinyatakan bermasalah. "Sistem pengunci di sabuk pengaman - yang terdapat di keempat jok - berpotensi terlepas kala jok dimajukan secara maksimal. Hal itu tentu bisa menyebabkan cerdera serius atau bahkan kematian pada saat terjadi kecelakaan," sebut siaran pers Porsche seperti dikutip autoevolution.com, Selasa (27/4).

Juru bicara perusahaan itu mengatakan, tindakan penarikan kemblai produk tersebut murni karena alasan tindakan pencegahan demi keamanan dan keselamatan konsumen. Sedangkan untuk perabikan piranti itu, Porsche akan memperbaiki dengan melakukan pemasangan ulang dan menambah piranti penguncian.

"Perbaikan itu hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 15 menit. Perabikan itu juga tidak akan dipungut biaya apapun," sebut juru bicara itu.

Penarikan ini bermula, Porsche Cina mengumumkan untuk menarik 640 unit Panamera karena masalah sabuk keselamatan itu pada pertengahan bulan ini. Tak lama kemudian, Porsche Amerika Serikat juga mengumumkan hal yang sama terhadap 3.176 unit Panamera dengan alasan yang sama.

Di Negeri Paman Sam itu, Porsche bertindak sigap. Ia langsung melaporkan persoalan itu kepada Badan Nasional Keselamatan Lalulintas Jalan Raya Amerika Serikat (National Highway Traffic Administration (NHTSA).

Sebelumnya, seperti dilaporkan Xinhua News, Selasa (13/4) Porsche Cina 640 unit Porsche Panamera karena sabuk pengamannya bermasalah. "Penarikan ini dilakukan terhadap (Porsche) Panamera S, Panamera 4S, serta Panamera Turbo yang diproduksi sebelum 25 Januari 2010," sebut General Administration of Quality Supervision, Inspection and Quarantine (GAQSIQ).

Porsche Panamera anyar itu juga sudah dipasarkan di Indonesia, 23 Oktober tahun lalu. Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari Porsche Indonesia, apakah ada Panamera di Indonesia yang masuk dalam daftar penarikan tersebut. Panamera yang dipasarkan PT Eurokars Artha Utama (Porsche Centre Jakarta), terdiri dari tiga tipe yaitu Turbo, 4S, serta S.

Tipe S atau tipe standar dari varian ini dibekali mesin 4.800 cc V8 yang menghasilkan  tenaga 400 daya kuda. Mobil itu menggunakan sistem transmisi manual enam percepatan.

Sementara tipe 4S menggunakan sistem transmisi PDK ditambah sistem pengendalian traksi khas Porsche (Porsche Traction Management) dan  sistem penggerak empat roda atau all-wheel drive.

Tipe ini memiliki akselerasi dari posisi diam (0 kilometer per jam) ke 100 kilometer per jam dalam waktu 5 detik dan mampu melesat hingga 282 kilometer per jam.

Sedangkan tipe Turbo memiliki kemampuan melesat hingga 303 kilometer per jam dengan akselerasi sprint dari 0 - 100 kilometer hanya dalam waktu 4,2 detik. Tipe itu mengkonsumsi satu liter bahan bakar untuk 8,2 kilometer.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi