Porsche Indonesia Telah Periksa Panamera
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 28 April 2010 22:49 WIB
Porche Panamera

TEMPO Interaktif, Jakarta:PT Eurokars Artha Utama (Porsche Centre Jakarta), distributor mobil sport Porsche di Indonesia menegaskan sudah melakukan pemeriksaan terhadap Porsche Panamera yang ada di Indonesia.

Pemerikasaan itu dilakukan terhadap 20 unit Panamera yang telah terjual di Indonesia sejak Oktober 2009 lalu, sesaat setelah ada kabar penarikan terhadap 640 unit Porsche Panamera di Cina akibat permasalhan di kunci sabuk pengaman.

"Ternyata sudah ada pemeriksaan. Tadi (Rabu 28/4) pagi, waktu Anda menelepon saya memang belum mengecek. Setelah saya minta laporan, ternyata itu (pemeriksaan) sudah dilakukan sekitar dua minggu yang lalu," papar Yudi Widodo, Vice President Sales & Marketing Porsche Centre Jakarta, Rabu (28/4) siang.

Yudi menegaskan, dalam pemeriksaan itu konsumen tidak dipungut biaya apapun. Sedangkan kepada pemilik yang mobilnya belum mendapatkan pemeriksaan, ia menyarankan untuk segera menghubungi Porsche Jakarta Center.

Menurut Yudi, dari populasi 20 unit Panamera itu, sebagian besar berada di Jakarta dan sekitarnya. "Ya 98 persennya. yaitu 18 unit, dua lainnya masing-masing di Jakarta dan Surabaya . Jadi kalau ada keluhan atau masalah mudah terdeteksi," tandas Yudi.

Seperti diketahui, Porsche mengumumkan akan menarik 11.324 unit Porsche Panamera di berbagai belahan dunia. Musababnya, sabuk pengaman tensioner yang merupakan salah satu fitur mobil itu, dinyatakan bermasalah.

"Sistem pengunci di sabuk pengaman - yang terdapat di keempat jok - berpotensi terlepas kala jok dimajukan secara maksimal. Hal itu tentu bisa menyebabkan cerdera serius atau bahkan kematian pada saat terjadi kecelakaan," sebut siaran pers Porsche seperti dikutip autoevolution.com, Selasa (27/4).

Sebelumnya, seperti dilaporkan Xinhua News, Selasa (13/4) Porsche Cina 640 unit Porsche Panamera dengan alasan persis seperti alasan penarikan yang diumumkan Porsche AG.

"Penarikan ini dilakukan terhadap (Porsche) Panamera S, Panamera 4S, serta Panamera Turbo yang diproduksi sebelum 25 Januari 2010," sebut General Administration of Quality Supervision, Inspection and Quarantine (GAQSIQ).

Yudi menambahkan, pemeriksaan seperti itu jangan diartikan secara negarif. Justeru senaliknya, adanya pemeriksaan merupakan itikad baik dari produsen sebagai wujud tanggungjawab kepada konsumen. Terlebih pemeriksaan itu dilakukan sebagai langkah antisipasi demi keamanan dan kenyamanan konsumen.

 ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi