Yamaha India Luncurkan Kembali FZ-16  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 29 April 2010 21:27 WIB
Yamaha

TEMPO Interaktif, New Delhi:Meski Desember 2009 lalu, telah meluncurkan Yamaha FZ-16, pabrikan sepeda motor Yamaha Motors di India, Kamis (29/4) kembali melakukan peluncuran model streetfighter itu. Bedanya, dalam peluncuran 2010 ini, FZ-16 ditemani model streetfighter anyar, Yamaha FZ-S.

Peluncuran kembali ini merupakan satu strategi Yamaha untuk kembali membetot perhatian publik India. Maklum, persaingan di pasar motor negeri itu, dari hari ke hari juga semakin ketat.

Berbicara kepada media, seperti dikutip indianon2wheels.com, Koji Arai, Drector & Chief Sales Officer India Yamaha Motor Pvt.Ltd mengatakan, dengan FZ16 versi penyegaran itu berharap bisa menggenjot penjualan.

"Kami ingin memperkuat daya saing kami di segmen 150 cc ke atas. Sehingga hingga akhir tahun ini, penjualan kami meningkat dari 12 persen pada tahun lalu menjadi 20 persen pada tahun ini," ungkap dia.

Meski sentuhan perubahan tersebut hanya sebatas penambahan garis dan desain grafis baru, namun telah menambah kesan maskulin dan berotot pada FZ-16. Yamaha berdalih, hanya melakukan perubahan kecil karena tampilan yang ada sudah memancarkan aura streetfighter sejati. Misalnya, kehadiran speedometer digital dan knalpot gaya baru membuat FZ16 itu memancarkan kesan sporty yang digandrungi kaum muda.

Meski demikian, penegasan melalui garis akan memperkuat kesan itu. "Memang, kami membidik segmen usia muda perkotaan," tandas Arai.

Dapur pacu kedua street fighter itu masih menggunakan mesin 153 cc air-cooled, empat tak, silinder tunggal. Mesin itu menyemburkan tenaga 14 daya kuda dan torsi maksimum 14 Newton meter pada 6.000 rpm. Motor ini mampu melesat hingga 111 kilometer per jam.

Sedangkan akselerasi dari posisi diam atau 0 kilometer per jam ke kecepatan 60 kilometer per jam dicapai dalam tempo 5,5 detik. Di India FZ-16 dibanderol 65 ribu rupee atau sekitar Rp 13 juta dan FZ-S dibanderol 67.000 rupee atau sekitar Rp 13,5 juta.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi