Mei Ini, Volkswagen Pasarkan Polo Blue Motion
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 30 April 2010 19:56 WIB
Volkswagen

TEMPO Interaktif, Wina:Ditengah ingar bingar perkembangan mobil bertenaga listrik dan hybrid saat ini, Volkswagen (VW) justeru meluncurkan hatchback VW Polo Blue Motion bermesin konvensional 1.200 cc TDI(Turbo Diesel Injection) tiga silinder. Pemasaran dilakukan mulai Mei ini.

Mesin Polo baru itu diklaim rendah emisi serta irit bahan bakar. Sumber di VW menyebut, konsumsi bahan bakarnya hanya 3,3 liter untuk jarak 100 kilometer. Sedangkan emisi CO2, tak lebih dari 87 gram per kilometer.

Tingginya tingkat efisiensi bahan bakar itu berkat penggunaan fitur start & stop otomatis. Piranti ini akan membantu mesin mobil mati sementara dan hidup dengan otomotis bila mobil berhenti - walau sejenak - dan hidup saat gas diinjak kembali. Walhasil, bahan bakar yang dikonsumsi pun jauh lebih sedikit ketimbang mobil tanpa fitur itu.

Meski irit bahan bakar, namun akselerasinya tak kalah dengan mobil berkapasitas mesin besar. Dari posisi diam atau 0 kilometer per jam ke 100 kilometer per jam Polo Bluemotion hanya dalam tempo 12 detik.

Sementara, tenaga yang disemburkan mesin mencapai 57 daya kuda dan torsi maksimum 180 Newton meter pada 2.000 rpm.

Ihwal masih dikembangkannya mesin konvensional di tengah kecenderungan dunia yang mengarah ke mobil hybrid dan listrik, VW punya alasan tersendiri.

Professor Dr. Wolfgang Steiger, Head of Future Technologies in Group Communications VW seperti dkutip autoevolution.com, Jumat (30/4) menyebut, di masa mendatang mesin konvensional masih dibutuhkan, terutama untuk angkutan jarak jauh.

"(memang) sikap terhadap kendaraan yang berubah - paling tidak karena dampak krisis ekonomi dan perubahan iklim - telah mengarah ke perubahan yang berkelanjutan. Lembaga politik di seluruh dunia pun berbeda menyikapinya, namun arahnya fokus untuk mengembangkan mobil listrik," papar dia.

Hanya, mesin konvensional di masa depan harus memenuhi standar ramah lingkungan, yaitu rendah emisi dan irit konsumsi bahan bakar. Mesin yang memenuhi standar seperti memang gabungan antara mesin konvensional dengan motor listrik atau mesin yang irit bahan bakar dan rendah emisi.

Steiger yang berbicara di 31st International Vienna Motor Symposium di Wina, Austria itu menegaskan, mesin TDI 1.200 cc tiga silinder yang disandang Polo Blue Motion telah memenuhi standar tersebut.

Namun sayang, VW belum memberikan informasi ihwal banderol harga VW Polo Blue Motion tersebut. Begitu pun dengan wilayah yang akan disasar untuk memasarkannya.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi