Juni, Piaggio Indonesia Mulai Pasarkan Skuter Zip 100
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 7 Mei 2010 21:24 WIB
Vespa house.com

TEMPO Interaktif, Jakarta:PT Sentra Kreasi Niaga (PT SKN) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek Piaggio di Indonesia akan memasarkan skuter untuk kaum hawa di tanah air mulai Juni mendatang. Piaggio Zip 100, begitulah skuter itu dinamai.

"Dasar pemikiran kami untuk menghadirkan skuter itu adalah, untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan para wanita berkendara dengan Vespa tetapi terkendala oleh bobot yang berat maupun ukuran skuter itu yang besar. Terlebih wanita pecinta Vespa di tanah air juga tidak sedikit," papar Nugroho Tjandrakusuma, Presiden Direktur PT SKN kepada Tempo di Jakarta, Jumat (7/5).

Bobot Zip 100 hanya 89 kilogram, sementara panjangnya 1,6 meter dan lebar 0,68 meter. Adapun jarak sumbu roda 1,2 meter.

"Jarak sumbu roda itu lebih pendek dari skuter merek lain yang ada di pasaran saat ini. Dengan jarak sumbu roda yang pendek dan bobot yang tidak terlalu berat, skuter ini cocok untuk diajak bermanuver di jalanan macet," terang Nugroho.

Skuter ini dibekali mesin 96 cc bersilinder tunggal, empat tak dan berpendingin udara. Mesin sebesar itu, diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 5,7 daya kuda pada 6.750 rpm dan torsi 6,5 Newton meter pada 5,500 rpm.

Untuk pengereman, Piaggio membekali Zip 100 dengan rem cakram 175 miilimeter (mm) di roda depan serta 110 mm di roda bagian belakang.

Sedangkan sistem suspensinya menggunakan garpu teleskopis di bagian roda depan, dan shock absorber hidrolis dipadu coil spring di roda belakang.

Seperti umumnya skuter lain yang ada di pasaran saat ini, Zip 100 juga dilengkapi sistem starter manual (kick starter) dan elektrik. Sehingga mudah dan praktis. "Sedangkan konsumsi bahan bakarnya satu liter untuk 52 kilometer. Itu hasil pengujian prinsipal kami di Italia," aku Nugroho.

Ihwal harga, Nugroho mengaku belum menetapkan harga final. Meski demikian ia memberi ancar-ancar, skuter anyar besutan Piagggio itu bakal dibanderol di kisaran Rp 18 -Rp 20 juta on the road Jakarta.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi