Mazda Luncurkan Hatchback 600 cc Berpenggerak Empat Roda
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 12 Mei 2010 19:52 WIB
Mazda Carol GS4. mazda.com

TEMPO Interaktif, Hiroshima:Pabrikan otomotif, Mazda Motor Corporation, Rabu (12/5) resmi meluncurkan generasi anyar dari hatchback Mazda GS yaitu Mazda carol GS4. Di Jepang, mobil ini dibanderol 1.120.350 yen atau sekitar Rp 112, 26 juta on the road.

Siaran pers Mazda seperti dilansir di www.mazda.com, Rabu (12/5) menyebutkan, GS4 anyar tersebut merupakan wujud dari paduan antara fitur terbaik di klan GS dengan model Mazda XS 4WD (four wheel drive).

Seperti namanya , GS4, hatchback ini berpenggerrak empat roda serta dilengkapi piranti continuously variable transmission (CVT) pada sistem transmisinya. Sehingga, perpindahan gigi di gear box terasa sangat halus tanpa hentakan. Berkat piranti CVT itu pula, Carol GS4 mampu menghemat bahan bakar.

Dari hasil 10 - 15 model pengujian yang digelar Mazda dan telah diakui oleh Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Jepang, mobil ini hanya membutuhkan satu liter bahan bakar untuk menempuh jarak 23,5 kilometer. Bahkan, dengan tingkat keiritan bahan bakar tersebut , mobil ini berhak mendapatkan insentif pengurangan pajak sebesar 75 persen dari pemerintah Jepang.

Maklum, mesin mobil ini juga tergolong mungil yaitu hanya 660 cc DOHC VVT. Namun sayang, Mazda tidak memberikan keterangan rinci ihwal tenaga serta torsi yang disemburkan mesin tersebut. "(yang pasti), kombinasi antara mesin dengan berbagai fitur yang ada, menjadi GS4 itu sangat cocok untuk menunjang kegiatan sehari-hari," sebut sumber di Mazda.

Lantas seperti apa fitur yang disematkan di Mazda GS anyar itu? Mazda mengklaim, piranti anti-lock brake system (ABS) di semua roda, electronic brake distribution (EBD), brake assist merupakan piranti standar pendukung keselamatan.

Kemudian keyless entry, theft-prevention vehicle immobilizer, penghangat jok pengemudi, penghilang kabut di kaca spion, serta wiper kaca depan juga menjadi piranti yang disematkan di mobil itu. "Dengan fitur keyless entry itu pengemudi cukup menekan tombol start dan menginjak pedal gas untuk menghidupkan mesin," terang sumber di Mazda.

Hanya, hingga saat ini belum ada keterangan apakah model anyar besutan Mazda itu dipasarkan di luar Jepang atau tidak. Begitu pun dengan waktu pemasaran di luar Negeri Matahari Terbit itu.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi