Ford Luncurkan Foto Konsep Explorer Generasi Anyar
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 15 Mei 2010 17:04 WIB
consumerguideauto.howstuffworks.com

TEMPO Interaktif, Los Angeles:Setelah dua setengah tahun digodok, Ford Motor Company (FMC) akhirnya meluncurkan gambar teaser generasi paling anyar di keluarga Sport Utility Vehicle (SUV) Ford Explorer. Generasi kelima SUV yang diproduksi pertama kali pada 1990 itu, akan diluncurkan di gelaran Los Angeles Auto Show 2010, Desember mendatang.

"Explorer baru itu dibangun dengan platform Ford Taurus. Rencananya, akan ditawarkan dalam beberapa pilihan mesin yang dilengkapi teknologi Ecoboost," papar Jim Holland, Chief Engineer FMC seperti dikutip trucktrend.com, Sabtu (15/5).

Dua diantara beberapa tipe mesin itu adalah, 2.000 cc dan 3.500 cc. Mesin 2.000 cc empat silinder dilengkapi turbocharger. Sedangkan mesin 3.500 cc diperkirakan bertenaga hingga 355 daya kuda dan torsi maksimum 474 Newton meter.

Tampilan baru Explorer yang paling mencolok terlihat pada fender depan yang mirip dengan SUV asal Inggris Land Rover LRX. Bahkan, kata Jim, tak sedikit orang yang menyebut tampilan Explorer anyar itu tak ubahnya SUV Range Rover.

Namun bagi Holland, bila tampilan seperti itu tidaklah mengherankan. Pasalnya, Holland merupakan Chief Engineer di Divisi Range Rover pada 2002, yaitu ketika pabrikan Inggris itu sebagian sahamnya dimiliki Ford.

Ubahan juga terlihat pada fitur penunjang keamanan, dimana sabuk pengaman yang dapat mengembang sehingga berfungsi seperti kantong udara. Sementara ada pilihan fitur penggerak empat roda (all wheel drive) sebagai fitur opsional.

Tak lupa, FMC melengkapi SUV besutannya itu dengan piranti pengatur gaya berkendara yang bisa dipilih pengemudi sesuai dengan kondisi lintasan yang dilalui. Ada lima pilihan gaya, yaitu normal untuk lintasan datar, mud untuk lintasan yang berlumpur, snow bisa dipilih saat melintasi dataran bersalju.

Sedangkan pilihan keempat adalah sand, yaitu bila mobil melintas di permukaan berpasir, serta kelima mode descent yaitu gaya berkendara di lintasan menurun.

Namun sayang, belum ada keterangan rinci ihwal spefisikasi mesin dan fitur pendukung. Begitu pula dengan banderol harga dari SUV anyar di trah Ford itu.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi