Mazda2 Sedan: Memberi Warna Baru
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 19 Mei 2010 02:06 WIB
Mazda2 Sedan (Raju Febrian/TEMPO)

TEMPO Interaktif, Jakarta“Hi, saya Stella Rissa. I am a Fashion Designer. Mazda2 Sedan ini menurut saya sebagai fashion designer sangat stylish dan modern. Karena ketika saya memilih mobil, tentunya as a desaigner, segi desain salah satu apsek yang penting bagi saya...”

Suara lembut perempuan cantik itu terdengar mantap di layar monitor... Yup, inilah cara unik PT Mazda Motor Indonesia (MMI) dalam memperkenalkan produk terbaru mereka Mazda2 Sedan. Pemegang merek Mazda di Indonesia itu menggandeng sembilan orang muda dari berbagai profesi yang dinilai sebagai pencipta trend dalam lingkungan urban (baca: anak muda perkotaan).

Para Mazda2 City Stylist, itulah yang istilah yang diberikan Mazda, adalah Rachmat Harsono (Stylish Executive), Yoris Sebastian (Stylish Creative Entrepreneur), Stella Rissa (Stylish Fashion Designer), Natasha Rasyid (Stylish Young Professional), Affi Assegaf (Stylish Fashionista), Volland Humonggio (Stylish Martial Artist), Adhika Maxi dan Karen Carlotta (Stylish Young Chefs), serta Saskia Hidayat (Stylish College Student).

“Mereka menjadi inspirasi bagi banyak orang karena kemampuan menjalankan peran sehari-harinya, baik sebagai profesional muda, pelajar, maupun publik figur dengan penuh gaya,” kata Yoshiya Horigome, Presiden Direktur PT MMI.

Pemilihan sembilan orang ini mempertegas target konsumen Mazda2 Sedan; muda, energik, mapan, punya gaya, dan mengikuti mode. Tapi kita bicara soal mobil, bukan cuma penggunanya. Bagaimana Mazda2 bisa sukses di segmen small sedan?

Oke, pertama kita lihat dari sisi harga. Maklum, angka adalah parameter utama yang digunakan konsumen di Indonesia yang tentunya akan berpengaruh pada sukses tidaknya sebuah produk di pasaran.

Seperti juga versi hatchback, Mazda2 Sedan juga terdiri dari dua tipe S dan R yang sporty serta dua pilihan transmisi manual (M/T) dan otomatis (A/T). Mazda2 Sedan S M/T dilepas Rp 220 juta, Mazda2 Sedan S A/T Rp 230 juta, Mazda2 Sedan R M/T Rp 236,5 juta dan Mazda2 Sedan R A/T Rp 245 juta.

Pilihan rentang harga ini, cukup pas, karena Mazda2 Sedan menempatkan dirinya di tengah-tengah produk lain yang sudah lebih dulu hadir seperti Suzuki Neo Baleno (SX4 Sedan) punya dua tipe, atau Honda New City dan Toyota New Vios yang masing-masing punya empat tipe.

Tapi sukses menembus pasar tentu saja tak hanya mengandalkan harga. Dari tampilan luar garis-garis lengkung tegas yang menyapu kontur bodi menjadi pembeda Mazda2 Sedan dibandingkan kompetitornya. Fender depan akan langsung mengingatkan kita pada tampilan sportcar RX-8. Cukup menjanjikan.

Interior Mazda2 Sedan boleh dibilang sama persis dengan tipe hatchback. Dahsboard, audio sistem, persneling, kemudi, semuanya sama. Yang membedakan adalah warna jok. Jika model hatchback didominasi warna gelap (coklat dan abu-abu), maka versi sedan menggunakan warna terang.

Panel instrumen Multi Information Display (MID) memberi informasi lengkap soal konsumsi bahan bakar minyak BBM, suhu, hingga jarak tempuh. Khusus tipe R, pengguna dapat langsung mengontrol sistem audio lewat kemudi. Ada berbagai tempat penyimpanan dan konsol di ruang kabin untuk meletakkan minuman, iPod, CD, buku, hingga majalah.

Mobil dengan kabin berkapasitas 450 liter ini dilengkapi fitur keamanan seperti ABS (Antilock Brake System) with Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Sabuk pengamanan tiga titik ada di setiap kursi, termasuk kursi tengah baris kedua. Lengkap.

Dapur pacu juga plek sama dengan versi hatchback. Mesin MZR 1.5 liter segaris DOHC 16 katup yang dilengkapi teknologi S-VT (Sequential Variable Timing) dan ETC (Electronic Throttle Control). Settingan daya maksimal 76 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 135 Nm pada 4.00 rpm juga sama persis.

Dari sisi mesin, Mazda2 Sedan memang sedikit di bawah model-model lain di segmen ini. Tapi dengan tampilan dan semua fitur yang dimiliki, rasanya Mazda2 Sedan punya modal bersaing di segmen small sedan.

Hal ini terlihat dari bertambahnya target MMI sampai akhir tahun 2010 ini. “Masuknya sedan membuat kami meningkatkan target tahun ini dari 5.000 unit menjadi 6.000 unit sampai akhir tahun,” kata Astrid Ariani Wijana, Marketing Manajer MMI. Optimis? Ya harus dong...

SPESIFIKASI

DimensiPanjang: 4.244 mmLebar: 1.695 mmTinggi: 1.483 mm (S type); 1.476 mm (R type)Wheelbase: 2.490 mmGround clearance: 150 mm

MesinTipe: MZR 1.5L inline, 4 cylinder, DOHC, 16 valve with S-VT (Sequential Valve Timing) abda ETC (Electronic Throttle Control)Kapasitas: 1.498 ccPerbandingan kompresi: 10,0 : 1Tenaga maksimal: 76 kW (103 PS) @ 6.000 rpmTorsi maksimal: 135 Nm (13,76 kgm) @ 4.000 rpmSistem pengapian: Electronic Control Fuel SystemKapasias tangki BBM: 42.8 literTransmisi: Manual 5 percepatan; Otomatis 4 percepatan

RAJU FEBRIAN 

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi