Audi e-tron, Mobil Listrik Berpenggerak Empat Roda
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 19 Juni 2010 22:14 WIB
thetorquereport.com

TEMPO Interaktif, Stuttgart:Pabrikan otomotif Jerman, Audi AG, Jumat (18/6) mengumumkan, sedan listrik Audi e-tron akan diproduksi di Divisi Quattro Audi yang berada di Neckarsulm, sebuah kota dekat Sttutgart, Jerman Utara.

Dengan kata lain, sedan bertenaga setrum yang kemungkinan dinamai R4, itu akan menggunakan sistem penggerak empat roda (all wheel drive). "Quattro merupakan nama padanan dari sistem penggerak empat roda atau all wheel drive, dan e-tron adalah nama mobil listrik Audi," tutur Rupert Stadler, Audi Board Chairman, dalam sebuah pernyataan yang dikutip autoevolution.com, Sabtu (19/6).

Mobil yang akan diluncurkan pada akhir 2012 itu, versi konsepnya dipamekan di ajang Frankfurt Auto Show 2009. Audi e-tron dibekali empat buah motor listrik, dua di poros roda bagian depan dan dua lainnya dibagian belakang. Sistem ini tak berbeda dengan sistem kerja mobil bermesin konvensional berpenggerak empat roda.

Gabungan empat sumber tenaga setrum itu menghasilkan tenaga setara 313 daya kuda dan torsi 4.500 Newton meter. Bahkan, berbekal tenaga dari listrik itu, e-tron mampu berakselerasi dari posisi diam atau 0 kilometer per jam (kpj) ke kecepatan 100 kpj hanya dalam tempo 4,8 detik.

Audi menyebut, keempat motor itu dilengkapi baterai yang mampu menyimpan daya listrik hingga 53 kilowatt. Daya sebesar itu cukup untuk menempuh jarak 248 kilometer dengan kecepatan maksimum 200 kpj.

Proses pengisian baterai juga cukup mudah, karena bisa menggunakan instalasi listrik rumah. Waktu pengisiannya pun hanya 6 - 8 jam.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi