Kongsi Proton-Lotus Siap Produksi City Car Hybrid Proton Emas
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 18 Desember 2010 19:41 WIB
TEMPO/Nita Dian
TEMPO Interaktif, Kuala Lumpur - Produsen mobil asal Malaysia, Proton, bersama Lotus Inggris, satu perusahaan yang belum disebutkan namanya (kemungkinan besar Nissan Motor), siap  memproduksi vity car hybrid Proton Emas dan Lotus. Sebelumnya, konsep kedua city car itu telah diperkenalkan ke publik.

Seperti dilansir autoevolution.com, Sabtu (19/12), baik Proton menyebut mobil kecil berteknologi hybrid tersebut akan dipasarkan 2013 mendatang. Proton Emas membidik pasar Asia, sedangkan Lotus menyasar pasar Eropa.

Konsep Emas - yang merupakan singkatan dari Eco Mobility Advance Solution – itu sebelumnya diboyong ke gelaran Geneva Auto Show 2010, Maret lalu.

Sumber tenaga mobil itu diperkirakan menggunakan mesin konvensional dan motor listrik milik Lotus Evora 414E hybrid. Baik motor listrik maupun mesin konvensional akan menggerakkan roda belakang.

Paduan keduanya disebut mampu menghasilkan tenaga hingga 101 daya kuda dan torsi 280 Newton meter (Nm). Baterai motor listrik menggunakan bahan dari ion lithium.

Hanya, hingga kini belum ada informasi ihwal kisaran harga city car mungil itu. Begitu pula dengan rincian spefisikasi mesin, motor listrik, serta fitur penunjang kenyamanan dan keamanan mobil.

ARIF ARIANTO

#Produksi Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi