Lexus CT200h Hybrid, Mobil Hybrid Mewah Paling Irit  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 12 Januari 2011 19:53 WIB
Lexus CT200h. AP/Hiro Komae

TEMPO Interaktif, Tokyo:Toyota Motor Corporation (Toyota), Rabu (12/1) mulai memasarkan hatchback Lexus CT200h hybrid. Mobil lima pintu itu yang menyandng mesin konvensional dan motor listrik itu diklaim irit bahan bakar.

Seperti dilansir Nikkei.com dan dikutip thestar.com, Rabu (12/1) Toyota menyebut, mesin konvensional mobil anyar itu mengkonsumsi satu liter Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk jarak 34 kilometer (km). "Mesin konvensionalnya berkapasitas 1.800 cc empat silinder segaris dan dilengkapi peranti transmisi Continously Variable Transmission (CVT)," sebut Toyota.

Angka tingkat konsumsi bahan bakar itu diketahui dari hasil 10 - 15 kali pengujian yang dilakukan oleh Toyota dan Japanese Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism (MLIT). Tingkat emisi CO2 juga terbilang rendah, yaitu 68 gram per km.

"Tingkat keiritan konsumsi bahan bakar itu tertinggi di antara mobil hybrid permium," aku Toyota.

Menariknya, kala mobil menggunakan tenaga listrik untuk melaju di jalan raya pengemudi bisa memilih tiga gaya berkendara. Mereka cukup menekan tombol mode, dengan pilihan gaya berkendara Eco, Normal, serta Sport.

Produsen mobil terbesar di dunia itu juga mengatakan, mobil besutannya itu dilengkapi sejumlah fitur mutakhir. Lampu utama misalnya, menggunakan Light Emitting Diode (LED) model daytime running. Pada bagian interior dilengkapi layar multi fungsi berukuran 8 inci.

Fitur lain yang tak kalah menarik adalah dashboard yang terbagi dalam dua bagian. Pada bagian atas berfungsi sebagai display zone yaitu untuk menyunguhkan tampilan visual, baik sistem navigasi atau hiburan.

Adapun bagian bawah difungsikan sebagai operation zone yaitu untuk menempatkan beberapa panel kontrol beberapa fitur. "Mobil ini ditargetkan terjual 1.500 unit saban bulannya," ujar pabrikan itu.

Toyota membanderol mobil ini  mulai US$ 29.995 atau sekitar Rp 274,15 juta.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi