BMW Roadster Z4 Akan Gunakan Mesin 2.000 cc Turbo
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 22 Januari 2011 17:57 WIB
BMW Z4. autoevolution.com

TEMPO Interaktif, Munich:Bayerische Motoren Werke (BMW) kembali membuat gebrakan. Setelah awal pekan lalu memasangkan mesin baru berkapasitas 2.000 cc turbochargher di  varian BMW X3 xDrive 28i, kini pabrikan itu menegaskan akan mencangkokkan mesin itu ke varian lain.

Seperti dilansir autoevolution.com, Sabtu (22/1),  dua varian yang akan dilengkapi mesin anyar itu adalah varian Roadster BMW Z4 dan BMW Seri 5.

"Mesin anyar itu menggantikan mesin 3.000 cc enam silinder segaris dan dikombinasikan dengan peranti penghemat bahan bakar," sebut pabrikan itu.

Hanya, BMW belum menyebut dengan pasti kapan kedua varian dengan mesin terbaru itu bakal dirilis. Namun, mesin baru itu direncanakan telah terpasang di keduanya paling lambat akhir atahun ini atau awal 2012.

Lantas seperti apa kinerja mesin anyar 2.000 cc di varian BMW Z4 itu nantinya? Belum ada jawaban pasti. Meski demikian, fakta menunjukkan, mesin yang sama yang dipasang di BMW X3 xDrive28i mampu menyemburkan tenaga hingga 245 daya kuda dan torsi 350 Newton meter (Nm).

"Yang pasti, mesin ini lebih ringan dan lebih kompak ketimbang mesin enam silinder. Walhasil, konsumsi bahan bakarnya lebih irit 16 persen dan lebih rendah kadar emisinya," papar BMW.

Pada sisi lain, BMW Z4 yang menggunakan mesin lama yaitu 3.000 cc enam silinder tingkat akselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kilometer per jam (kpj) dalam waktu 5,8 detik.

Bila menggunakan mesin anyar itu, mobil ini mampu berakselerasi ke kecepaan 100 kpj itu hanya dalam tempo 5 detik.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi