Range Rover Evoque Mobil Berdesain Terbaik 2010
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 3 Maret 2011 23:40 WIB
Range Rover Evoque. autoevolution.com
TEMPO Interaktif, Geneva - Varian Sport Utility Vehicle (SUV) besutan Jaguar and Land Rover, Range Rover Evoque bersama Alfa Romeo Giulietta dan Audi A7 memenangi anugrah Car Design of the Year 2010. Ketiganya menjadi tiga besar di kategori mobil yang telah diproduksi.
"Ini adalah penghargaan sangat khusus, yang merupakan pengakuan dari rekan-rekan di industri (otomotif)," tutur Gerry McGovern, direktur desain dan Chief Creative Officer JLR saat menerima penghargaan di gelaran Geneva Auto Show 2011 seperti dilansir autoevolution.com, Kamis (3/3).
Sebelumnya, Phil Popham, Managing Director JLR mengatakan, varian baru itu akan dipasarkan ke seluruh dunia mulai 2011 ini. Rencananya, SUV ini dipasarkan di 160 negara. Di negeri asalnya, Inggris, SUV ini akan dibanderol US$47 ribu atau sekitar Rp 423 juta.
SUV itu ditawarkan dalam dua tipe penggerak roda, yaitu dua roda depan dan empat roda.Keduanya mengusung mesin bensin 2.000 cc Si4, twin valve timing, dan dilengkapi peranti injeksi langsung. Mesin itu diklaim mampu menghasilkan tenaga 240 daya kuda.
Namun, pabrikan itu juga menawarkan satu pilihan lagi yaitu mesin diesel 2.200 cc yang dilengkapi turbocharger. Mesin ini disebut menghasilkan tenaga 150 dan 190 daya kuda. JLR mengklaim tingkat emisi CO2 tipe ini tak lebih dari 135 gram per kilometer.
Desain model paling gres di trah Range Rover ini dirancang oleh Victoria Beckham, istri pesepakbola masyur asal Inggris, David Beckham. "Dia sangat memahami tren dan produk mewah," ujar Gerry McGovern Direktur Desain Land Rover menjelaskan alasan penunjukkan Victoria seperti dilansir telegraph.co.uk.
Hajatan pemilihan Car Design of the Year yang digelar saban tahun itu juga menetapkan tiga mobil konsep yaitu Pininfarina Duettottanta, Jaguar C-X75, dan Renault DeZir sebagai mobil konsep berdesain terbaik. Pemilihan dilakukan oleh sejumlah desainer kondang dari berbagai negara di seluruh dunia dan hasil jajak pendapat para pembaca Car Design News.
ARIF ARIANTO
#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi