10 Cara Hemat Bahan Bakar Ala General Motors
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 10 Maret 2011 21:07 WIB
Tips hemat BBM ala GM (Dok. GM)
TEMPO Interaktif, Detroit - Melonjaknya harga minyak dunia karena ontran-ontran politik di sejumlah negara di Timur Tengah dan semakin menipisnya bahan bakar itu, menimbulkan kekhawatiran sejumlah kalangan. Tak hanya konsumen saja yang merasa miris dengan kondisi itu, tetapi juga produsen mobil.

Satu di antara produsen itu adalah General Motors (GM). Seperti dilansir autoevolution.com, Kamis (10/3), sebagai wujud kepedulian dan keprihatinan itu, pabrikan asal Detroit, Amerika Serikat itu memberikan kiat khusus kepada pengemudi mobil dalam menghemat bahan bakar.

Lantas apa saja cara itu? Berikut saran dari GM :

1. Merawat saringan udara dan sensor oksigen. Perlakuan yang benar terhadap peranti itu akan membantu menghemat bahan bakar hingga 4 persen.

2. Memastikan tekanan angin ban. Sangat disarankan agar pemilik mobil selalu memjaga tekanan angin ban dengan tingkat tekanan seperti yang direkomendasikan oleh produsen mobil. Tekanan angin yang tepat akan mampu menghemat bahan bakar hingga 3,3 persen dari setiap satu liter bahan bakar yang dikonsumsi.

3. Hindari mengangkut beban berlebihan. Pasalnya, setiap beban yang diangkut berkurang 45,3 kilogram konsumsi bahan bakar bisa dihemat hingga 2 persen.

4. Kecepatan mobil tetap konstan. Sangat disarankan untuk tetap menjaga laju mobil pada tingkat kecepatan konstan, yaitu 85 kilometer per jam.

5. Matikan mesin di kala mobil berhenti, meski sejenak. Sebab, sejatinya setiap mobil berhenti selama 15 menit dengan mesin dalam kondisi aktif akan membakar 100 cc bahan bakar.

6. Hindari pengereman secara tiba-tiba atau mendadak. Cara seperti itu akan membantu mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 33 persen di saat melaju di jalan bebas hambatan, dan 5 persen di jalan kota.

7. Gunakan peranti pendinngin ruang (AC) seperlunya. Artinya, sangat disarankan untuk mematikan AC di kala udara di luar mobil memungkinkan untuk membuka kaca jendela.

8. Gunakan oli rekomendasi dari pabrik. Penggunaan minyak pelumas dari sesuai anjuran dari produsen itu dipercaya akan mengurangi konsumsi bahan bakar 1 - 2 persen.

9. Hindari wilayah macet. Hal itu dimaksudkan untuk mencegah konsumsi bahan bakar yang sia-sia, karena mobil tidak bergerak tetapi mesin tetap bekerja.

10. Pastikan mesin terawat dengan baik. Mesin yang masih dalam kondisi bagus tentu akan mengkonsumsi bahan bakar lebih sedikit ketimbang mesin yang bermasalah.

Semoga bermanfaat...

ARIF ARIANTO

 

#Info Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi