Suzuki Indonesia Luncurkan Skutik Hayate 31 Maret  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 27 Maret 2011 14:59 WIB
Suzuki Hayate (Dok. Suzuki)
TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) merek Suzuki di Indonesia berencana meluncurkan varian skuter matik anyar Suzuki Hayate pada 31 Maret mendatang. Skutik yang disebut sebagai pengganti Suzuki Skyvave itu rencananya dibanderol di kisaran Rp 14,3 juta on the road untuk wilayah Jakarta.

Skutik ini mengusung mesin 125 cc yang menghasilkan tenaga hingga 9,1 daya kuda. Namun, dibanding skutik sebelumnya skutik anyar ini diklaim lebih nyaman dikendarai. “Karena Suzuki telah melakukan ubahan atau penyempurnaan peranti transmisi Continously Variable Transmission (CVT). Sehingga tarikan lebih enteng dan lebih halus,” tutur sumber di PT SIS saat dihubungi Ahad (27/3).

Hanya, sumber yang enggan disebut namanya itu measih enggan memerinci perbedaan fitur yang diusung Hayate dengan Skyvave. Begitu pun keunggulan dibanding varian sejenis besutan pabrikan lain. “Nanti pas peluncuran Anda akan membuktikannya sendiri, sehingga lebih percaya apa keunggulan yuang ditawarkan,” elak dia.

Meski demikian, ia memberikan sedikit gambaran bahwa mesin yang diusung berkapasitas 125 cc 4 tak, SOHC, dan berpendingin cairan. Rasio kompresi mesin tercatat 9,8 : 1.

Peranti suspensi depan menggunakan teleskopis coil spring dan oil damped. Sedangkan bagian belakang menggunakan tabung ganda konvensional dengan oil damped.

Motor dengan berat kosong 108 kilogram tersebut menggunakan peranti pengereman lembaran cakram berukuran 220 milimeter (mm) di roda bagian depan, dan 190 mm di bagian belakang. Ban depan berukuran 70/90-16M/C 36P dan 80/90-16M/C 43P.

Skuter matik ini memiliki panjang 1,93 meter (m), lebar 0,67 m, dan tinggi 1,07 m. Tangki bahan bakarnya berkapasitas 4,7 liter. Jarak sumbu rodanya cukup panjang, yaitu 1,285 m.ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi