car2go, Konsep Mobilitas Unik di Hamburg
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 8 April 2011 01:22 WIB
smart fortwo (benzinsider.com)
TEMPO Interaktif, Jakarta - Sebuah pemecahan masalah transportasi tengah diuji coba di kota Hamburg, Jerman. Di kota berpenduduk satu juta jiwa itu, car2go menyediakan sebanyak 300 unit smart fortwo yang bisa disewa secara menit-an.

Laman benzinsider.com menulis operator car2go yaitu Hamburg GmbH yang merupakan kerjasama antara anak perusahaan Daimler, car2go GmbH dan Europcar Automietung GmbH. Saat ini wilayah operasinya meliputi daerah seluas 65 kilometer persegi di Ring 2 kota Hamburg. Penduduk kota Hamburg sudah bisa mendaftar sejak awal Maret lalu dan hingga kini sudah tercatat sekitar 1.000 orang peminat.

Apa istimewanya? Kendaraan ini bisa disewa hanya dengan harga 29 euro sen (Rp 1.200-an) per menit. Mobil ini bisa digunakan sepanjang kita mau. Jika sudah selesai tinggal diparkir di ruang parkir gratis publik di daerah operasi.

Mobil yang digunakan adalah smart fortwo dengan dua tempat duduk, bermesin bensin, dilengkapi sistem start-stop otomatis, dan telematik generasi teraru, plus sunroof.

Sebelumnya, konsep ini sudah diijalankan di Ulm, Baden-Wurttemberg, Jerman dan ibukota Texas, Austin, di Amerika Serikat. Konsep car2go dinilai sangat ideal untuk pemecahan masalah transportasi di perkotaan karena memiliki fleksibilitas unik dan kesempatan untuk menggunakan kendaraan secara spontan.

"Kami akan menunjukkan bahwa sistem seperti car2go ini bisa sukses secara finansial di kota-kota besar," kata Robert Henrich, Managing Director car2go seperti dikutip laman benzinsider.com.

Dengan peluncuran di Hamburg ini, total sudah ada 900 unit car2go di seluruh dunia. Rencananya, car2go akan menambah daerah operasinya di Amerika Serikat dan negara lain Eropa pada paruh kedua tahun 2011.

Wah... layak dikaji nih...

RAJU FEBRIAN 

#Info Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi