Geely Bikin Kloningan Mini Cooper  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 14 April 2011 01:14 WIB
Geely Emgrand EC6-RV (worldcarfans.com)
TEMPO Interaktif, Beijing - Cina memang jagoan dalam urusan membuat mobil yang sama dengan pabrikan lain. Tak hanya tampilan tapi juga performanya. Kali ini Geely mengkloning brand asal Jerman Mini dengan meluncurkan Geely Emgrand EC6-RV.

Laman worldcarfans.com menulis, pada gelaran Shanghai New International Expo center, pabrikan asal Cina itu menampilkan sebuah model yang dinamai Emgrad EC6-RV. Dari tampilannya, tak salah lagi, mobil yang tampil di Hall W2 itu persis MINI Cooper dengan sedikit perubahan di sana-sini.

Meski terlihat mirip, Geely menyebut mobil ini tidak sama persis. Geely mengatakan mobil ini memiliki panjang 3.945 mm atau 100 mm lebih panjang dari Mini. Wheelbase-nya 2.467 mm lebin panjang sekitar 6 mm dari Mini.

Geely melengkapi Emgrand EC6-RV dengan mesin turbocharged 1.3 liter dan memasangkannya dengan kopling ganda dan transmisi manual enam-kecepatan. Sedangkan suspensi menggunakan semi-independent torsion beam (belakang) dan McPherson (depan).

Emgrand EC6-RV bahkan bukan kloning MINI pertama asal Cina. Pada bulan November tahun lalu, pabrikan kurang terkenal bernama Chongqing Lifan Industry memperkenalkan Lifan 320 yang juga mengkloning merek MINI. Merek lain yang juga punya saudara di Cina antara lain Rolls Royce, Mercedes-Benz, dan BMW.

RAJU FEBRIAN

 

#Info Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi