Mercedes-Benz S350 BlueTEC Dilengkapi Fitur Eco Start/Stop
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 18 April 2011 22:05 WIB
Mercedes-Benz S-350 BlueTEC (benzinsider.com)
TEMPO Interaktif, Stuttgart - Inovasi terus dilakukan Mercedes-Benz. Pabrikan raksasa asal Jerman itu memutuskan untuk memadukan kekuatab mesin diesel V6 yang diusung model S350 BlueTEC dengan fungsi ECO Start/Stop. Hasilnya adalah konsumsi bahan bakar saloon mewah ini menurun menjadi 6.2 liter / 100 km. Tidak hanya itu, S 350 BlueTEC juga diklaim sebagai salah satu model diesel beremisi paling bersih di dunia.

Laman benzinsider.com menulis, mesin diesel V6 berkapasitas 2987 cc milik S350 BlueTEC sanggup menghasilkan tenaga sampai 258 hp yang diimbangi dengan torsi mencapai 620 Nm. Berkat sistem BlueTEC dengan AdBlue exhaust, model yang mendebut tahun lalu memiliki emisi gas buang sesuai dengan standar EU6 yang rencananya baru akan diaktifkan 2014 mendatang.

Fungsi ECO Start/Stop yang kini menjadi perangkat standar sangat membantu efisiensi S-Class ini hingga 9% dibanding model sebelumnya dengan emisi CO2 sebesar 164 g/km (sebelumnya 177 g/km).

Sistem ECO Start/Stop yang dikembangkan oleh Mercedes-Benz akan mematikan mesin secara otomatis saat mobil dalam keadaan diam, misalnya waktu di lampu merah. Mesin kemudian akan langsung menyala saat pengemudi mengangkat kaki dari pedal rem. "Berkat intelligent control system, semua fungsi kendaraan dan sistem kenyamanan mampu terus beroperasi saat mesin berhenti," tulis laman tersebut.

Peningkatan efisiensi juga bisa dicapai setelah teknologi coating TWAS (Twin-Wire-Arc-Sprayed) diterapkan. AMG telah menggunakan TWAS coating technology sejak 2005 di mesin V8 6.3 liter milik semua model series. Termasuk SLS AMG. Berdasarkan feedback positif yang didapat, Mercedes-Benz ikutan mengembangkan teknologi ini untuk mesin dieselnya yang saat ini dikenalkan pada mesin diesel V6.

RAJU FEBRIAN

#Info Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi