Rayakan 40 Tahun, Toyota Resmikan Eco-Park
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 20 April 2011 00:01 WIB
Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan (kanan) bersama Wakil Menteri Pendidikan Nasional RI Fasli Jalal saat pembukaan Toyota Eco Island di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Selasa (19/4). (Dok. TAM)
TEMPO Interaktif, Jakarta - Dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-40 tahun, 12 April lalu, Toyota Indonesia meresmikan Toyota Eco-Island di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Selasa (19/4) siang. Eco-Park ini merupakan bagian dari program corporate social responsibility (CSR). 

"Ini adalah wujud tanggung jawab dan terima kasih kami kepada bangsa ini," kata Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor (TAM) yang juga Wakil Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), saat peresmian.

Johnny mengatakan dengan tema "An Endless Journey of Seeding the Goodness", Toyota ingin menegaskan jika keberadaannya mereka di Indonesia tidaklah semata-mata untuk kepentingan bisnis, tapi memberikan kontribusi bagi kemajuan sektor industri otomotif nasional dan kegiatan sosial.

Toyota Eco Island yang bekerjasama dengan PT Pembangunan Jaya Ancol dibangun di kawasan seluas 1,5 hektar. Berbagai macam tanaman langka pesisir seperti bungur, waru laut, ketapang, nyamplung akan ditanam di sini.

Dana pembangunan Toyota Eco Island ini berasal dari program Car for Tree yang digelar TAM selama periode Juli-Desember 2010 lalu. Pada program ini, TAM menyisihkan Rp 35 ribu untuk penjualan setiap unit kendaraan pada periode tersebut. "Dana yang terkumpul sekitar Rp 4 miliar hasil penjualan sekitar 140-an ribu kendaraan," kata Johnny.

Toyota T-TEP

Pada kesempatan yang sama, Toyota juga menyerahkan bantuan berupa masing-masing 1 unit kendaraan sebagai alat peraga pada SMKN 2 Manado dan SMKN 2 Pekanbaru dalam rangka program Toyota Technical Education Program (T-TEP).

T-TEP adalah upaya Toyota mendukung program link & match agar lulusan SMK yang ikut dalam program ini bisa lebih siap pakai terutama di industri otomotif. T-TEP yang dimulai sejak 1991 dan Sub T-TEP dimulai sejak tahun 2006

Program yang mengajarkan tentang General repair dan body and paint tersebut diselenggarakan di 57 sekolah di 29 propinsi dari 33 propinsi. Sejak digelar, program ini sudah meluluskan sekitar 4.800 murid dan yang direkrut oleh Toyota sekitar 880 sejak 1994-2010.

"Tahun ini Toyota akan meresmikan 4 T-TEP baru untuk area Pekanbaru, Manado, Makassar, dan Semarang," kata Widyawati Doedigdo, GM Marketing Planning and Customer Relation Division PT. TAM.

RAJU FEBRIAN 

#Info Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi