Produksi Toyota Kembali Normal Paling Cepat November  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 22 April 2011 20:53 WIB
TEMPO/Zulkarnain
TEMPO Interaktif, Tokyo - Presiden Toyota Motor Corporation (Toyota), Akio Toyoda, menegaskan tingkat produksi Toyota kembali pulih seperti sediakala setelah November – Desember mendatang. Toyoda menyatakan itu beberapa jam setelah Renesas Electronic Corporation - perusahaan pemasok chip mobil - mengumumkan segera beroperasi kembali.

“Produksi Toyota di dalam negeri yang saat ini tinggal 50 persen akan berangsur pulih mulai Juli,” tutur Toyoda, dalam sebuah konferensi pers di Tokyo, Jumat, 22 April 2011, seperti dilansir Nikkei.com.

Adapun produksi di luar Jepang yang saat ini hanya 40 persen dari kapasitas terpasang, diperkirakan berangsur pulih mulai Agustus. 

Kantor berita Reuters, hari ini menulis, Renesas Electronics akan membuka kembali pabriknya di wilayah utara Jepang mulai 5 Juni mendatang. Pemasok utama chip bagi industri mobil Jepang itu menutup pabriknya sehari setelah gempa dan tsunami melanda wilayah timur laut Jepang, 11 Maret lalu.

Penutupan tersebut sangat berdampak pada proses produksi Toyota. Pasalnya, sebagian besar chip kendaraan merek itu mengandalkan pasokan dari Renesas.

Toyota sendiri sejak pekan lalu telah membuka kembali pabriknya di seluruh Jepang dengan kapasitas 50 persen karena minimnya pasokan komponen dan suku cadang. Namun, proses produksi ini juga tidak bisa berlangsung mulus karena beberapa gempa susulan masih kerap terjadi.

“Gempa susulan itu telah membuat jumlah produksi terpengaruh. Tapi seberapa besar, belum bisa diketahui,” aku Toyoda seperti dikutip Associated Press, Jumat (22/4).

Toyota mengaku telah kehilangan potensi produksi 260 ribu unit mobil sejak gempa terjadi hingga 8 April lalu.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi