Inilah C1-E, Skuter Listrik Besutan BMW
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 2 Mei 2011 22:00 WIB
BMW C1-E Electric Scooter Concept
TEMPO Interaktif, Muenchen - Bayerische Motoren Werke (BMW) Motorrad -- divisi di BMW yang memproduksi sepeda motor -- selama ini dikenal dengan motor sport dan motor gede besutannya. Namun, pekan lalu BMW memperkenalkan konsep skuter listrik yang dinamai BMW C1-E.

"Ini merupakan solusi bagi para komuter, karena memadukan antara kemudahan parkir dengan perlindungan dari perubahan cuaca serta keamanan," bunyi pernyataan BMW seperti dilansir International Business Times dan indiancarsbikes.in, Senin, 2 Mei 2011.

Tampilan skuter bertenga setrum itu tak ubahnya dengan skuter lainnya. Hanya, BMW C1-E hanya menggunakan jok untuk satu orang , sehingga bagian belakang berfungsi sebagai bagasi yang lapang.

Keunikan lainnya adalah BMW melengkapi skuter itu dengan atap. Hal itu dimaksudkan untuk melindungi pengendara dari sengatan sinar matahari atau cuaca buruk.

Sumber tenaga skuter ini adalah sebuah motor listrik yang dilengkapi baterai ion lithium.  

Menariknya, sejumlah fitur keamanan dipasang di skuter tersebut. Mulai dari sabuk pengaman hingga papan pelindung bila skuter itu terguling. 

Bahkan bagian depan dirancang dengan menggunakan konsep crumple zone. Walhasil, pengendara akan terlindungi kala terjadi tabrakan frontal dari depan.

Hanya, BMW belum memberikan informasi rinci ihwal daya jelajah, daya tahan baterai, maupun kecepatan maksimal yang bisa dicapai sekuter tersebut. Begitu pun dengan kepastian jadwal produksinya. 

Pabrikan itu hanya menegaskan ingin memproduksinya sesegera mungkin.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi