Honda Rombak Suspensi dan Mesin Tiga Motor Offroad  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 6 Mei 2011 22:33 WIB
Honda CRF450R 2012 (Dok. Honda Motorcycle)
TEMPO Interaktif, Tokyo - Produsen sepeda motor Honda, hari ini, 6 Mei 2011 mengumumkan akan melakukan perombakan pada tiga motor untuk offroad, yaitu Honda CRF405R, CRF250R, serta Honda DRF150RB. Perubahan yang dilakukan meliputi peranti suspensi, footpeg, grafis racing , serta mesin.

Pernyataan Honda seperti dilansir autoevolution.com, Jumat, 6 Mei 2011, varian RF405R dan CRF250R akan menadaptkan mesin generasi baru. "Sistem suspensi keduanya juga ditingkat. Begitupun dengan footpeg yang semakin luas," bunyi pernyataan Honda.

Adapun CRF150RB akan mendapatkan mesin baru empat tak, 149 cc, dengan pendingin cairan. Mesin itu diklaim memiliki tenaga dan torsi yang lebih besar ketimbang mesin sebelumnya.

Peranti suspensi anyar yang digunakan adalah garpu inverter Showa 37 milimeter pada roda depan, dan ProLink pada roda bagian belakang. Peranti suspensi tersebut diklaim akan mampu membantu pengendara mengendalikan motor agar tetap stabil di saat melibas lintasan off road.

Perubahan pada mesin CRF250R meliputi penggunaan cylinder head dan camshaft baru. Kedua komponen itu diklaim mampu meningkatkan kemampuan mesin dalam menyemburkan tenaga dan torsi besar di saat putaran mesin rendah dan menengah.

Adapun untuk varian CRF450R, Honda menggunakan peranti suspensi di roda bagian depan maupun belakang berupa garpudari bahan yang lebih ringan namun kuat dengan tabung. Honda juga melengkapinya dengan Honda Steering Damper serta footpeg yang lebih luas.

Serangkaian ubahan itu diklaim memberikan keleluasaan kepada pengendara untuk mengendalikan motor yang ditunggangi sekaligus menopang kestabilannya. Walhasil, motor tetap lincah, stabil, dan nyaman meski melibas lintasan terjal.

Hanya, hingga kini Honda belum memberikan informasi ihwal harga. Pabrikan itu menegaskan, harga akan diumumkan pada saat peluncuran pada musim gugur mendatang.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi