Pria Lebih Mudah Stres di Kemacetan Ketimbang Wanita
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 31 Mei 2011 16:58 WIB
Stress saat mengemudi

TEMPO Interaktif, London - Kaum pria ternyata sangat rentan stres ketimbang wanita pada saat mereka terjebak macet.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh perusahaan perangkat navigasi berbasis satelit asal Belanda Tom Tom, menunjukkan kala terjebak macet tingkat stres kaum Adam meningkat 60 persen. “Sementara pada saat yang sama, tingkat stres para kaum Hawa hanya 8,7 persen,” bunyi pernyataan Tom Tom seperti dilansir carscoop.com, Selasa, 31 Mei 2011.

Para ahli di Inggris yang terlibat dalam penelitian itu mengatakan, kondisi stres tersebut dapat menyebabkan tekanan denyut jantung lebih cepat. Selain itu mereka juga akan mengalami pusing serta sesak napas.

Anehnya, banyak di antara 10 ribu relawan obyek penelitian itu yang mengaku tidak tahu dengan kondisi yang mereka alami. Sebanyak 67 persen dari wanita yang diteliti mengaku tidak menyadari mereka telah mengalami stres. “Sedangkan setengah dari relawan pria tidak menyadarinya, setelah terjebak selama 20 menit di kemacetan akut,” ujar ahli di Tom Tom menerangkan.

Padahal, lanjut ahli itu, kenyataan menunjukkan sebaliknya. Meski demikian 86 persen dari responden mengakui kondisi lalu lintas memiliki dampak negatif dalam kehidupan mereka.

Penelitian tersebut dilakukan di seluruh kota-kota besar Inggris dan melibatkan 10 ribu relawan sebagai obyek. Para ahli meneliti tingkat stres relawan dengan menggunakan dari air liur serta napas mereka.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi