Toyota New Hilux Kini Diperkuat Rail VN Turbo  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 14 Juli 2011 00:07 WIB
Johnny Darmawan Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (kanan) dan Joko Trisanyoto Direktur Marketing PT TAM saat memperkenalkan Toyota New Hilux di Jakarta, Rabu (13/7). (Dok. TAM)

TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan tampilan baru pikap Toyota New Hilux di Jakarta, Rabu, 13 Juli 2011. Selain mendapat gubahan dari sisi tampilan, Hilux baru ini juga diperkuat mesin baru.

Menurut Presiden Direktur PT TAM Johnny Darmawan kehadiran New Hilux ini merupakan jawaban Toyota terhadap permintaan pasar khususnya di segmen komersil yang cukup menjanjikan saat ini. "Permintaan kendaraan komersil yang terus meningkat harus disikapi Toyota dengan meluncurkan model terbarunya," kata Johnny Darmawan.

Perubahan bagian luar terlihat pada desain radiator gril, dan lampu depan dengan desain baru. Gubahan lain dilakukan pada saluran udara (airscoop), fender roda depan, desain roda, kaca spion dengan sein, dan lampu belakang.

Di bagian interior, perubahan besar dilakukan pada bagian kemudi yang kini dilengkapi tombol pengatur audio. Instrument panel, center cluster, dan meter combination juga mendapat sentuhan baru.

Dibandingkan model sebelumnya kali ini Toyota tidak lagi menggunakan mesin berkapasitas 3.0 liter. New Hilux single cabin memiliki tiga line-up: tipe deck 2.0L bensin M/T, tipe cab & chassis 2.0L bensin M/T, dan tipe 2.5L diesel M/T.

Adapun New Hilux double cabin memiliki dua line-up: tipe E dan tipe G dengan mesin baru 2.500 CC VNT. "Kita harus mengikuti tren dimana pasar ini, konsumen lebih banyak berminat dengan mesin berkapasitas 2.5 liter," kata Johnny.

Kelebihan mesin baru 2.5 liter ini menggunakan 2KD VNT (Variable Nozzle Turbo). "Perubahan ini mengakibatkan New Hilux menjadi lebih efisien 16% dalam penggunaan bahan bakar dibandingkan Hilux sebelumnya," kata Joko Trisanyoto, Direktur Marketing PT TAM menjelaskan.

Menurut Joko, mesin baru ini memang mememiliki tenaga lebih kecil yaitu 144 PS dari sebelumnya 163 PS. Namun torsinya tetap sama yaitu 35 kgm. Mesin ini juga membuat tingkat konsumsi bahan bakar lebih baik menjadi 15,31 km per liter.

Hanya saja kesemua model masih menggunakan transmisi manual. Toyota, kata Joko, tetap belum akan memasukkan Hilux dengan transmisi otomatis. "Permintaannya masih sedikit. Mungkin saat permintaan tinggi kami akan pasarkan," kata Joko.

Mengenai harga, Joko mengatakan pikap yang diboyong langsung dari Thailand ini untuk tipe kabin tunggal dibanderol mulai Rp 141,5 juta - Rp 156,2 juta untuk kabin ganda Rp 309,5 juta - Rp 328,2 juta (on the road Jakarta).

RAJU FEBRIAN

#Info Otomotif
#Toyota Astra Motor
#Johnny Darmawan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi