Ini Dia, Tampang Toyota Kijang Innova Baru
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 21 Juli 2011 01:51 WIB
Toyota Grand New Kijang Innova (Raju Febrian/TEMPO)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Bisik-bisik soal bakal hadirnya Toyota Kijang Innova baru akhirnya terjawab juga. PT Toyota Astra Motor akhirnya mempertontonkan tampilan sosok terbaru Multi Purpose Vehicle milik mereka tersebut khusus kepada wartawan di Jakarta, Rabu, 20 Juli 2011. Diberi nama Grand New Kijang Innova, model terbaru ini hadir dengan berbagai perubahan

"Memang bukan generasi baru, tapi big minor change," kata Kaoro Hosokawahief Chief Engineer IMV (Innovative International Multipurpose Vehicle) Toyota Motor Corporation yang hadir langsung di Jakarta.

Hosikawa menjelaskan tampil eksterior Kijang Innova mengalami perubahan cukup banyak. Lampu utama tampil lebih tajam dengan desain foglamp atau lampu kabut, bumper, dan grill yang juga baru. Di bagian belakang memang tidak berubah banyak namun desain lampu juga mendapat gubahan.

Di dalam kabin, perubahan terlihat kentara pada lingkar kemudi. Setir kini kini sudah dilengkapi tombol pengatur audio. Sistem audionya juga tak mau kalah, karena sudah mengusung monitor 6 inci berlayar sentuh.

Hosokawa mengatakan berbagai perubahan ini memang dimaksudkan agar Kijang Innova bisa diterima oleh banyak negara. Kijang Innova merupakan satu dari tiga model -- selain Toyota Fortuner dan Toyota Hilux -- yang masuk dalam proyek IMV. "Ketiga model ini dijual di Asia, Afrika, Timur Tengah, dan Amerika Selatan," kata Hosokawa.

Presiden Direktur Toyota Astra Motor Johnny Darmawan mengatakan penyegaran memang harus dilakukan Toyota terhadap salah satu produk legendarisnya ini. Kijang Innova saat ini merupakan generasi kelima Kijang yang sudah terjual sampai 2 juta unit lebih.

Tahun ini, sepanjang Semester I bulan Januari sampai Juni, data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), menunjukkan Kijang Innova sudah terjual sebanyak 23.862 unit. Angka ini hanya kalah dari duet sepupu Toyota Avanza yang terjual 85.040 unit dan Daihatsu Xenia sebanyak 30.963 unit.

Bagaimana dengan harganya? Johnny Darmawan masih enggan mengungkapkannya. Ia beralasan peluncuran resmi baru dilakukan Toyota pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011 pada 22-31 Juli mendatang. "Tunggu saja saat peluncurannya di IIMS 2011 nanti," kata Johnny Darmawan.

Sebagai informasi, saat ini Toyota memiliki 17 model Kijang Innova -- baik dengan mesin bensin maupun disel -- yang dijual dengan rentang harga dari Rp 182 juta sampai Rp 290 juta.

Masih penasaran? Tunggu laporan Tempo langsung dari ajang IIMS 2011.

RAJU FEBRIAN

#Info Otomotif
#Toyota Astra Motor
#Johnny Darmawan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi