Toyota Kembangkan Kaca Jendela Pintar di Mobil
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 26 Juli 2011 23:33 WIB
Teknologi kaca Toyota (gizmag.com)

TEMPO Interaktif, Brussel - Pernahkah Anda memperhatikan anak-anak yang di duduk di kursi bagian belakang saat mobil melaju? Ya. Tak jarang mereka menyalurkan kreavitasnya dengan menggambar sesuatu obyek di kaca jendela mobil yang kebetulan berkabut karena kondensasi semburan hawa dingin dari peranti pendingin ruang (AC) mobil. Aksi ini selain untuk mengusir rasa jenuh di benak mereka, juga menjadi bagian menyalurkan ide kreatif.

Nah, melihat kecenderungan ini, sejumlah insinyur di Toyota Motor Corporation (Toyota) yang tergabung di Toyota Motor Europe's Kansei1 Design Division bersama Copenhagen Institute of Interaction Design (CIID), Denmark, menciptakan kaca jendela mobil pintar.

"Teknologi kaca jendela mobil pintar ini dinamai Window to the World. Dikembangkan berdasar lima konsep utama yang ada dalam pikiran," bunyi pernyataan tim itu seperti dilansir gizmag.com, Selasa, 26 Juli 2011.

Artinya, ada lima kecanggihan atau fitur yang disuguhkan kaca tersebut. Pertama, Drawing in Motion. Fitur tersebut memungkinkan anak-anak atau bahkan orang dewasa menggambar obyek tertentu di kaca jendela mobil di sekitar obyek atau pemandangan yang mereka temui di sepanjang perjalanan.

Menariknya, benda yang mereka gambar akan tetap melekat atau bersanding dengan obyek asli di alam yang mereka maksud. Misalnya, bila seorang anak menggambar sebuah pohon di tepi danau, maka pohon itu akan tetap berada tempat itu meski mobil terus bergerak.

Alhasil, orang yang melihatnya merasakan pohon danau menghilang secara alamiah seiring dengan semakin menjauhnya mobil dari tempat danau berada. Pada kaca pun tak ada lagi bekas gambar pohon.

Kedua, memperbesar dan memperkecil obyek alam yang dilihat. Bila anak-anak atau penumpang di kursi belakang ingin memperjelas benda atau obyek alam yang mereka lihat, bisa menggunakan jarinya untuk memperbesar obyek tersebut. Cara itu, tak ubahnya memperbesar obyek yang mereka lihat di layar sentuh smartphone.

Ketiga, dengan menyentuh kaca jendela mobil itu, anak-anak atau penumpang mobil bisa mendapatkan informasi nama obyek yang mereka maksud sesuai dengan bahasa daerah yang tengah mereka lalui. 

Keempat, dengan menyentuh kaca jendela itu pula, mereka juga bisa memperoleh informasi jarak antara satu benda dengan benda lain yang tengah mereka lihat. Caranya, mereka harus menunjuk obyek yang dimaksud tepat di kaca jendela mobil itu.

Kelima, fitur Virtual Constellations. Fitur ini akan memberikan gambaran atau peta wilayah yang tengah dilalui oleh mobil.

Hanya saja, kedua lembaga penggagasnya itu hingga kini belum memberikan informasi kapan kaca cerdas itu mulai diproduksi dan dipasang di mobil Toyota. Begitu pun model yang bakal dilengkapi kaca tersebut.

Namun, yang pasti, kaca itu telah dipamerkan di ajang pameran teknologi yang bertajuk ‘Our Future Mobility Now’ yang berlangsung di Brussel, Belgia, akhir bulan lalu.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi