BMW i3 dan i8, Dua Mobil Konsep Masa Depan BMW  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 2 Agustus 2011 23:30 WIB
BMW i3 dan i8 Concept (Dok. BMW)

TEMPO Interaktif, Frankfurt - Ingin tahu seperti apa konsep BMW tentang mobil masa depan? BMW Group menampilkan dua mobil konsep terbarunya yaitu BMW i3 Concept dan BMW i8 Concept di Frankfurt, Jerman. BMW i3 siap diluncurkan pada 2013 sedangkan BMW i8 menyusul pada 2014.

"Kami baru saja membuat sebuah tonggak sejarah bagi BMW Group. Sebagai yang terdepan dalam industri mobil mewah, kami menyimpan angan-angan untuk bisa mempersembahkan mobil listrik pada konsumen," kata Norbert Reithofer, Chairman dari Board of Management BMW AG, di sela penampilan perdana kedua model tersebut di Frankfurt.

BMW i3 Concept merupakan mobil dengan penggerak listrik tanpa emisi sama sekali. Mobil ini diklaim sanggup mencapai jarak tempuh sejauh 150 kilometer dengan sekali isi berkat motor listrik 125 kW dan berpenggerak roda belakang.

Desain LifeDrive berupa carbon passenger cell, memungkinkan BMW i3 Concept ini memiliki bobot hanya 1.250 kilogram. Klaus Draeger, Member of the Board BMW yang bertangung jawab menangani pengembangan mengatakan berat mobil ini 250 kilogram lebih ringan dibanding mobil listrik konvensional biasa.

Namun tetap dengan ruang kabin optimal serta tingkat keamanan yang tinggi. Mobil empat tempat duduk ini dilengkapi bagasi dengan volume 200 liter.

BMW mengklaim i3 sanggup melesat dari posisi diam hingga 100 kilometer per jam dalam waktu delapan detik. "Dengan sebuah high-speed charger, pengisian baterai hingga 80% dapat berlangsung hanya dalam satu jam," kata Klaus.

Kecepatan lebih cepat dicatat BMW i8 Concept. Mobil sport ini sanggup mencapai kecepatan 100 kilometer per jam dari posisi diam hanya dalam waktu kurang dari lima detik. Tapi dengan konsumsi bahan bakar kurang dari tiga liter untuk menempuh jarak 100 kilometer.

BMW menyebut i8 adalah mobil hybrid plug-in dengan output sebesar 260 kW dan sanggup menempuh jarak 35 kilometer dengan mode listrik. Mesin 3 liter, meski tidak dijelaskan secara detail, membuat BMW i8 sanggup melesat dengan kecepatan maksimum 250 kilometer per jam. Seperti juga i3, model i8 ini juga dapat memuat empat penumpang.

Rencananya, BMW i3 dan BMW i8 akan diproduksi di pabrik BMW di Leipzig, Jerman. BMW telah menyiapkan investasi awal sebesar 400 juta euro, untuk mendirikan bangunan dan menyiapkan fasilitas baru pada 2013.

RAJU FEBRIAN

#Info Otomotif

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi