Januari-Juli, Mitsubishi Genggam 16,1% Pangsa Pasar
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 16 Agustus 2011 23:56 WIB
Mitsubishi meraih penghargaan Customer Satisfaction Index (CSI) 2011 dari J.D Power Asia Pacific. (Dok. KTB)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Sepanjang Januari - Juli 2011 merek Mitsubishi di tanah air telah membukukan penjualan 80.921 unit atau 16,099 persen dari total pangsa pasar kendaraan bermotor roda dan empat atau lebih. Berkat penjualan itu, Mitsubishi menempati posisi kedua terbesar setelah Toyota.

"Pencapaian prestasi penjualan itu berkat pelaksanaan beragam kegiatan pendukung sales dan after sales. Satu diantaranya konsep Only in Mitsubishi," tutur Rizwan Alamsjah, Direktur Pemasaran PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB), Agen Pemegang Merek Mitsubishi di Indonesia, di Jakarta, Selasa, 16 Agustus 2011.

Konsep layanan kepada pelanggan yang mulai diperkenalkan sejak awal 2011 itu, terbukti mampu menyokong kegiatan penjualan produk Mitsubishi. Terbukti, kata Rizwan, penjualan tiga model andalan Mitsubihi terus merangkak naik. "Bahkan, mencatatkan rekor penjualan dan meraih predikat pemimpin pasar di segmennya," aku dia.

Lantas Rizwan pun menyodorkan data penjualan yang dibukukan KTB. Tercatat, truk ringan Colt Diesel yang dipasarkan di Indonesia sejak 41 tahun lalu, sepanjang tujuh pertama tahun ini terjual 33.461 unit. "Jumlah tersebut setara dengan 57,7 persen pangsa pasar segmen truk kategori itu," ujarnya.

Kendaraan niaga lainnya yang juga menjadi model teralris di kelasnya adalah Mitsubishi Colt L300. Selama kurun waktu itu, pikap ini terjual 16.895 unit atau 69,2 persen dari total penjualan di segmennya.

Sumbangan yang cukup singnifikan juga dibukukan oleh mobil penumpang Pajero Sport. Varian Sport Utility Vehicle (SUV) ini membukukan penjualan 1.491 unit. "Bahkan, untuk sub varian berpenggerak 4 x 4 menjadi pemimpin di kelasnya dengan pennjualan sekitar 60 persen." aku Duljatmono, Group Head of Marketing & Sales Communication Group PT KTB.

Bahkan, lanjut Duljatmono, sepanjang gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011 yang berlangsung 22 - 31 Juli lalu, SUV ini terjual 383 unit. "Artinya, mobil ini sangat diminati konsumen. Padahal, target kami sebulan 200 - 300 unit," kata dia.

Sumber di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) menyebut, penjualan wholesales Mitsubishi sepanjang Januari - Juli mencapai 88 ribu unit lebih. 

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi