Toyota Umumkan Harga Prius MPV  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 19 September 2011 14:21 WIB
Toyota Prius MPV (autoevolution.com)

TEMPO Interaktif, Frankfurt - Gelaran Frankfurt Motor Show 2011 digunakan Toyota untuk mengumumkan harga keluarga Prius. Pabrikan asal Jepang itu mengatakan siap mengusai pasar mobil ramah lingkungan di seluruh dunia.

Dalam laman autoevolution.com, Senin, 19 September 2011 disebutkan Prius Plug-In Hybrid dibuka di harga US$ 32,000 (Rp 280,16 juta) disusul Prius Plug-In Hybrid Advances yang berbanderol US$ 39,525 (Rp 346,04 juta). Adapun varian MPV, Prius V dibanderol mulai US$ 26,400 (Rp 231,13 juta).

Rencananya, Toyota akan membuka pemesanan Prius Plug-in pada Oktober mendatang. Namun, pendistribusiannya baru dilakukan pertengahan tahun depan.

Di Frankfurt, Prius Plus MPV yang berkapasitas 7 tempat duduk menjadi model yang paling menarik perhatian pengunjung.

Secara garis besar, tampilannya masih mengambil basis dari Prius versi sedan. Tambahannya, kabin bagian belakang, lampu depan berdesain triangular-looking.

Perubahan terbesar tampak pada pilar C-pillar yang membuat mobil bertambah panjang sekitar 155 mm. MPV hybrid ini juga lebih lebar dan tinggi sekitar 30 mm. Sebagai tambahan, jarak wheelbase memanjang 80 mm sehingga ruang kabin lebih lebar dan lega.

Toyata sendiri yakin mobil hybrid bakal kian berkembang. Executive Vice President of R&D and Engineering Toyota, Takeshi Uchiyamada, mengatakan saat ini saja, sekitar 20 persen penjualan mobil Toyota di pasar Jepang adalah mobil ramah lingkungan ini. Sedangkan di belahan dunia lain masih di bawah 10 persen.

Kepada Automotive News, Uchiyamda, percaya jika angka ini akan terus meningkat. Tahun 2020, prediksi Toyota, mobil hybrid bisa mencapai 20 persen di seluruh dunia. Bagaimana dengan Toyota? Meski tak menyebut angka pasti, pabrikan ini siap kembali mendominasi 80 persen.

"Berdasarkan data saat ini, target yang diumumkan pemain lain menunjukkan jika mereka tidak mencapai target mereka," kata Uchiyamada di laman autoevolution.com.

RAJU FEBRIAN

#Info Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi