Toyota Hilux Buat Rekor Dunia Lintasi Kutub Selatan
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 16 Oktober 2011 23:19 WIB
Toyota Hilux di Kutub Selatan (autoblog.com)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Rekor dunia baru melintasi Kutub Selatan akhirnya pecah pekan ini. Dua unit Toyota Hilux yang sudah dimodifikasi menempuh jarak 1,434 mil menyeberangi Antarctic High Plateau dalam waktu 108 jam.

Laman autoblog.com, Minggu, 16 Oktober 2011 menulis, rombongan Toyota Hilux ini harus berhati-hati dalam melakukan perjalanannya. Rata-rata mereka hanya bisa berjalan dengan kecepatan kendaraan sekitar 13 mil per jam.

Angka ini menunjukkan bagaimana ekstrimnya jalur yang ditempuh pengemudi. Disebutkan, selain jalur yang berbahay, peserta harus menghadapi wilayah yang dua mil di atas permukaan laut.

Ekspedisi yang dimulai sejak Desember 2010 lalu merupakan kerjasama Kazakhstan National Geographic Society dan The Antarctica Company. Rombongan terdiri dari empat orang yaitu Konstantin Orlov dan Stanislav Makarenko dari KNGS, Andrey Myller dari TAC, dan Hlynur Sigurdsson dari Arctic Trucks, rumah modifikasi khusus offroad yang menggarap Hilux ini.

Hilux dibangun khusus untuk perjalanan ini. Pikap Toyota itu Truk menggunakan mesin 3-liter turbodiesel yang menghasilkan tenaga 170-horsepower. Mobil ini dimodifikasi sehingga mampu membawa bahan bakar sampai 285 galon, 74 di tanki dan sisanya sebagai cadangan.

The Arctic Trucks Expedition AT44, namanya diambil dari ban berukuran 44 x 18.5 yang dipasang pada velg 15 inci dengan tekanan ban hanya 2 psi. Mobil dengan konfigurasi four-by-four ini ditunjang transmisi lima percepatan otomotis.

Selain mampu membawa beban seberat 1,3 ton, mobil ini juga dilengkapi kemampuan menyeret beban tambahan dibelakangnya seberat 1.5 ton. The AT44 sendiri memiliki berat 4,960 pound dan menghabiskan bahan bakar 5 galon per mil.

RAJU FEBRIAN

#Info Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi