Fitur Keamanan Mobil Melindungi Pria Lebih Baik dari Wanita
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 22 Oktober 2011 22:32 WIB
Crash test dummies (caradviced.com.au)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Fitur dan perangkat keamanan di mobil ternyata hanya untuk pria? Wanita cenderung menderita cedera lebih berat dalam kecelakaan mobil daripada pria? Ternyata hal itu terjadi lantara fitur keamanan kendaraan dirancang terutama untuk pengemudi pria.

Laman caradviced.com.au, Sabtu, 22 Oktober 2011, menulis hasil penelitian tiga peneliti dari University of Virginia, Amerika Serikat. Mereka mempelajari data AS kecelakaan 1998-2008 untuk menentukan dampak gender pengemudi terhadap kemungkinan cedera dalam kecelakaan.

Penelitian yang diberi nama "Vulnerability of Female Drivers Involved in Motor Vehicle Crashes" (Kerentanan pengemudi wanita terlibat dalam kecelakaan kendaraan bermotor) tersebut menemukan jika seatbelt atau sabuk pengaman menahan wanita dari cedera berat lebih tinggi 47% dibandingkan pria.

Sebelumnya pernah ada studi mengenai pola mengemudi dan perilaku risiko terhadap pengemudi pria dan wanita. Tapi baru kali ini ada studi yang mempertanyakan apakah kemajuan teknologi keselamatan penumpang memberikan perlindungan yang sama terhadap pengemudi.

Para peneliti mengatakan faktor risiko yang lebih tinggi bagi wanita adalah posisi head restraints di mobil, yang umumnya gagal untuk memperhitungkan ukuran yang berbeda dan kekuatan leher wanita. Wanita juga lebih mungkin cedera bagian tubuh bawah karena tinggi rata-rata mereka yang lebih pendek dibandingkan pria.

Nah, pada bagian akhirnya, para peneliti ini menyimpulkan pabrikan kendaraan seharusnya juga mendesain perangkat keamanan yang efektif untuk wanita sehingga mereka juga terhindari dari cedera parah.

RAJU FEBRIAN

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi