Daihatsu Cari Bibit Desainer Lokal Lewat Workshop
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 27 Oktober 2011 01:49 WIB
Para peserta workshop desain "Sharing of Experience" PT Astra Daihatsu Motor di Jakarta. (Dok. ADM)

TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membuka rangkaian workshop desain di 8 Perguruan Tinggi di Universitas Trisakti, Jakarta, awal pekan lalu. Workshop dengan tema "Sharing of Experience" ini diharapkan bisa melahirkan desainer mobil dari Indonesia.

Head Executive Research & Development Division PT ADM Pradipto Sugondo dalam keterangan persnya mengatakan Daihatsu berhasil menggunakan 80 persen komponen lokal dalam produksinya. "Karena itu untuk mengembangkan sumber daya lokal PT ADM akan menggunakan desainer lokal yang diharapkan lahir dari kegiatan seperti ini," katanya.

Dalam workshop ini, kata Pradipto, peserta mendapatkan informasi mengenai proses desain inti yang terkait dengan desain produk yaitu proses pembuatan sketsa sampai rendering, proses pembuatan clay model sampai proses pemindahan bentuk fisik ke data digital dengan bantuan alat scanner.

Rencananya, ADM akan melakukan roadshow ke tiga kota besar yaitu Jakarta, Surabaya dan Bandung untuk melaksanakan workshop sekaligus mencari bibit-bibit lokal yang unggul. Setelah Jakarta dilanjutkan di Surabaya pada 1 November 2011 dan kota Bandung pada 22 November 2011. 

Workshop desain ini melibatkan 8 perguruan tinggi di tiga kota besar seperti Universitas Trisakti, Universitas Pelita Harapan, Universitas Paramadina, Institut Teknologi Surabaya, Universitas Surabaya, Universitas Indonesia Esa Unggul Surabaya, Institut Teknologi Bandung, dan Institut Teknologi Nasional Bandung. Kedelapan perguruan tinggi ini dipilih karena memiliki jurusan Desain Produk.

"Selain desainer lokal ADM, juga hadir desainer Jepang ADM dan juga perwakilan desainer principal kami dari Daihatsu Corp. Jepang yaitu Mr. Jun Nagata. Kami harap setelah ini akan lahir desainer lokal yang unggul di bidang otomotif," tutur Pradipto.

RAJU FEBRIAN

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi