Toyota Berikan Kepuasan Tertinggi Pelanggan
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 29 Oktober 2011 03:45 WIB
Johnny Darmawan Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor menerima penghargaan Sales Satisfaction Index JD Power Asia Pacific 2011 adari Gerrit Kuyntjes Managing Director JD Power Asia Pacific di Jakarta, Jumat, 28 Oktober 2011. (Ist)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Pelayanan saat pembelian kendaraan dan proses pengiriman yang cepat menjadi salah satu kunci Toyota mempertahankan nilai tertinggi dalam kepercayaan dan kepuasan pelanggan dalam survei JD Power Asia Pacific, Indonesia Sales Satisfaction Index (SSI) 2011. Tahun ini, Toyota berhasil meraih nilai 777 atau di atas nilai rata-rata industri otomotif Indonesia, yaitu 772.

Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Johnny Darmawan mengatakan capaian ini merupakan apresiasi pelanggan terhadap upaya Toyota menghadirkan layanan terbaik bagi konsumen. "Ini menjadi tantangan baru ke depannya bagi kami untuk terus meningkatkan dan mengembangkan layanan bagi pelanggan," kata Johnny Darmawan di Jakarta, Jumat, 28 Oktober 2011.

Johnny mengatakan bahwa kesuksesan penjualan tidak hanya pada pengalaman konsumen saat membeli kendaraan, tapi juga saat memiliki kendaraan (after sales). Toyota menekankan, strategi pemasaran dan layanan berdasarkan The Best Total Ownership Experience atau kepuasan menyeluruh.

SSI adalah survei yang mempelajari kepuasan pembeli kendaraan roda empat terhadap pengalaman pembelian dan pengantaran kendaraan. Parameter survei terdiri dari 7 item, yaitu proses pengiriman, waktu pengiriman, transaksi, fasilitas dealer, tenaga penjualan, penanganan dokumen, dan inisiasi penjualan. Tahun ini, Toyota meraih total skala indeks 777, posisi kedua Honda 773, dan Daihatsu 769.

Studi yang sudah memasuki tahun ke-11 ini menanyakan kepada 2.170 konsumen yang membeli kendaraanya pada periode Oktober 2011 dan Juni 2011. Studi dilakukan pada Mei dan Agustus 2011.

Joko Trisanyoto, Direktur Marketing PT TAM, mengatakan Toyota akan terus berupaya meningkatkan pelayanan terhadap konsumen. Sebagai pemegang merek dengan penjualan dan jaringan terbanyak, Toyota harus menjadi lebih baik. "Meningkatnya ekspektasi pelanggan terhadap kendaraan yang mereka miliki membuat Toyota harus berinovasi terus," kata Joko.

RAJU FEBRIAN

#Info Otomotif
#Toyota Astra Motor
#Johnny Darmawan

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi