ICOTY 2011 Tak Lagi Didominasi Produk Jepang
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 9 November 2011 02:04 WIB
Para petinggi ATPM saat menerima penghargaan pada ajang ICOTY 2011. (Dok. MM)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Mobil-mobil asal Jepang tak lagi mendominasi di ajang pemilihan Indonesian Car of the Year 2011 versi majalah MobilMotor. Meski penghargaan tertinggi tetap diraih Nissan Juke namun tahun ini pabrikan Jepang hanya meraih empat dari sembilan kategori. Padahal, tahun 2010 lalu, mobil-mobil berbendera Jepang mampu meraih delapan dan sembilan kategori.

Sigit Tri Santoso selaku Ketua Pelaksana ICOTY 2011 mengatakan ICOTY tahun ini, yang merupakan penyelenggara ke-10, diikuti 23 finalis dari 14 pabrikan. Untuk pengujian orientasi kota dilakukan di wilayah Sentul, Cibinong, dan Bogor. Sementara, pengujian performa seperti tes akselerasi, slalom, braking, dan lampu dilaksanakan di Sirkuit Sentul. "Pengujian tersebut berlangsung sejak 13 hingga 18 Oktober lalu," kata Sigit.

Persaingan antar-finalis kali ini berlangsung ketat. Soehari Sargo, Pembina Dewan Juri ICOTY, mengatakan selain performa teknis yang menjadi penilaian, faktor value for money kini sangat berarti. "Inovasi dan teknologi mempengaruhi penilaian, tapi tak kalah berperan adalah harga sebuah mobil dibanding dengan fasilitas yang diberikan," ujar begawan otomotif Indonesia itu.

KIA, misalnya, berhasil menyabuet dua kategori yakni City Car dan SUV. Proton membuat kejutan dengan memenangi kategori Small MPV. Pabrikan asal Malaysia itu mengungguli model mapan seperti Honda Freed dan Nissan Grand Livina.

Yannes Martinus Pasaribu, Ketua Dewan Juri ICOTY MobilMotor 2011 mengatakan Nissan Juke yang berhak atas Setir Emas sebagai mobil terbaik pada ICOTY 2011 ini karena memiliki nilai yang konsisten ketimbang lainnya. "Desain kontemporernya bukan hal utama, namun rancang bangun dan fitur yang ada membuatnya punya karakter tersendiri dan berbeda dari finalis ICOTY tahun ini," kata Yannes Martinus.

Pemenang kategori

City Car : KIA Picanto A/TCompact Hatchback : Honda Jazz RS A/TSmall MPV : Proton Exora Star M/TCompact SUV : Nissan Juke RX A/TSUV : KIA All New Sportage A/TPremium MPV : VW Touran TSI A/TPremium Sedan : Mercedes-Benz C250 CGIDiesel SUV : Mitsubishi Pajero Sport Dakar A/TDouble Cabin : Toyota Hilux G M/T

Special awards for 2011

Best Fuel Efficiency : Nissan Grand Livina 1.5 XVBest Braking : Mercedes-Benz C250 CGIBest Acoustics : Honda Odyssey

RAJU FEBRIAN

#Info Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi