Harga Termurah All New Xenia Rp 126,6 Juta
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 10 November 2011 03:02 WIB
President Direktur PT Astra Daihatsu Motor Sudirman MR, bersama CEO PT Astra International Tbk Suparno Djasmin saat grand launching All New Xenia di Ballroom Hotel Grand Melia, Jakarta, Rabu, 9 November 2011. (Dasril Roszandi/TEMPO)

TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor meluncurkan Daihatsu All New Xenia di hari yang sama dengan sepupunya, Toyota All New Avanza, Rabu, 9 November 2011. Mengambil tempat di Hotel Gran Melia, Jakarta, Xenia anyar tampil dengan wajah, fitur, dan performa baru. Harga dibuka mulai Rp 126,6 juta.

Xenia baru ditawarkan empat varian dalam 2 pilihan mesin bensin; mesin 1,0 liter (D dan M) dan mesin 1,3 liter (X dan R). Khusus tipe R tersedia versi dengan transmisi otomatis.

Produk kolaborasi Toyota dan Daihatsu ini juga mendapat perubahan dari sisi eksterior dan interior, sama halnya seperti All New Avanza. Tampilan Xenia ini lebih cantik dengan desain baru pada grille, bumper, dan lampu depan. Bodi kian aerodinamis dengan desain baru untuk lampu bagian belakang.

Daihatsu merombak bodi Xenia baru. Pilar A dimajukan hingga 50 milimeter (mm). Dimensinya lebih panjang 50 mm dan lebih lebar 30 mm. Sedangkan atapnya diturunkan 10 mm dan berat lebih ringan sekitar 10 kilogram. "Hasilnya, Xenia baru lebih stabil untuk dikendarai," kata President Direktur PT Astra Daihatsu Motor, Sudirman M.R., saat peluncuran.

Bagian kabinnya tampil lebih mewah dengan desain baru dashboard serta penggunaan warna 2 tone-colour. Kemudinya tiga palang dilengkapi dengan Electric Power Steering (EPS)--sama seperti Avanza--yang bertujuan untuk menambah kenyamanan.

Perubahan lain diberikan pada bagian kaki. Mac Pherson Struts dengan per keong digunakan untuk suspensi. Namun khusus tipe X dan R, ditambahi stabilizer pada suspensi bagian depan.

Nah, kelebihan lain untuk model X dan R ini adalah sistem pendinginnya yang sudah menggunakan double blower. Dua model lain, yatu tipe D dan M, masih single blower.

Berbagai perubahan yang mendongkrak penampilan Xenia itu rupanya membuat optimistis Daihatsu. Amelia Tjandra, Marketing Director PT ADM, mengatakan bahwa generasi sebelumnya ditargetkan bisa terjual 6.000 unit. "Untuk model terbaru ini kami optimistis bisa terjual 7.000 ribu unit per bulan," kata Amelia Tjandra.

RAJU FEBRIAN

#Info Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi