Mazda Siapkan Rodster Miata Terkecil
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 4 Desember 2011 21:19 WIB
Mazda MX-5. Guy Spangenberg/thetorquereport.com

TEMPO Interaktif, Hiroshima-- Mazda Motor Corporation (Mazda) saat ini tengah menyiapkan generasi terbaru roadster besutannya, Mazda MX-5 atau yang dikenal dengan nama Mazda Miata. Menariknya, generasi anyar Miata itu akan mengusung mesin kecil 1.300 cc yang dilengkapi turbocharger.

“Miata baru itu telah menggunakan teknologi SkyActive ,” tutur sumber di Mazda seperti dilansir Autocar dan thetorquereport.com, Ahad, 4 Desember 2011.

Mobil yang menggantikan Miata 2.000 cc dan bertenaga 167 daya kuda, itu akan diluncurkan 2013 mendatang. Hanya, Mazda belum memberikan pernyataan resmi tentang kabar tersebut.

Sumber itu mengatakan, komponen mesin mobil itu menggunakan bahan yang ringan namun kuat. Piston, chamshaft, dan blok mesin misalnya. Bahan tersebut juga diklaim sangat minim gesekan.

Mazda melengkapinya dengan peranti transmisi terkini yang memiliki mekanisme kerja sangat halus tanpa entakan. Mobil itu juga dilengkapi peranti start-stop yang mematikan sementara mesin.

Bahkan, bobotnya hanya 800 kilogram. Berkat sederet terobosan itu, mobil ini diklaim sangat irit bahan bakar.

Mazda Miata merupakan mobil sport dua penumpang terlaris di dunia. Pada awal Februari lalu, Guiness World Records menobatkannya sebagai Best selling two-seat sport car.

Sejak diluncurkan pertama kali pada 1989, hingga awal tahun ini Miata telah terjual 900 unit. ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi