Tiga BUMN Bentuk Grup Manufaktur Mobil Nasional  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 11 Januari 2012 20:40 WIB
Para siswa sedang merakit mesin mobil Esemka 1.5i di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Jakarta, Selasa (10/01). TEMPO/Dasril Roszandi

TEMPO.CO, Jakarta-Kementerian Badan Usaha Milik Negara bakal mengoptimalkan potensi perusahaan plat merah untuk mendukung industri mobil nasional. Tiga BUMN yakni PT INKA, PT Bahana dan PT Boma Bisma Indra disiapkan untuk proyek ini.

Menurut Deputi Bidang Industri Strategis dan Manufaktur Kementerian BUMN. Irnanda Laksanawan, Ketiga perusahaan ini memiliki spesialisasi bisnis di bidang desain, perencanaan, dan pembangunan pabrik. “INKA, Bahana dan Boma memiliki spesialisasi di bidang manufaktur. “ kata dia di kantornya, Rabu 11 Januari 2012.

Rencananya Kementerian akan menggabungkan tiga BUMN ini dalam sebuah grup yang menggarap rekayasa teknik. Irnanda menegaskan, dukungan itulah yang bisa diberikan saat ini. "Bisa saja kita bikin pabrik mobil, tapi resikonya terlalu besar," kata dia. 

Irnanda merujuk model kerja sama yang dilakukan perusahaan otomotif nasional. Ditargetkan grup perusahaan manufaktur BUMN ini terbentuk pertengahan tahun ini. "Paling lambat konsepnya matang di bulan Juni," ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah berencana memberi fasilitas insentif fiskal bagi pengembangan mobil nasional. Dukungan ini diantaranya berupa pembebasan bea masuk impor komponen yang belum diproduksi di Tanah Air. 

ANGGRITA DESYANI

#Mobil Nasional

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi