Gaikindo Optimistis Penjualan Mobil Capai 1 Juta
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 12 Januari 2012 16:22 WIB
Toyota All New Avanza dan Daihatsu All New Xenia (Raju Febrian/TEMPO)

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Sudirman Maman Rusdi, optimistis penjualan mobil 2012 bisa mencapai angka satu juta. “Namun Gaikindo tetap memakai angka aman, 930 ribu unit,” katanya seusai Diskusi Forum Wartawan Industri (Forwin) di Jakarta, Kamis 12 Januari 2012.

Menurut Sudirman, angka aman ini dipilih karena mempertimbangkan beberapa faktor. Salah satunya adalah ketetapan pemerintah memberlakukan pembatasan BBM bersubsidi per 1 April 2012.

Ia mengatakan segmen yang rentan terhadap pembatasan BBM adalah mereka yang baru pertama kali membeli mobil. Menurutnya, segmen entry-level ini akan ragu membeli mobil karena tidak lagi bisa membeli BBM bersubsidi yang harganya murah.

Di tengah pertimbangan yang menyebabkan angka konservatif itu, yang membuat Sudirman optimistis adalah peningkatan penjualan yang dialami industri otomotif tahun 2011. Namun ia menyebutkan krisis Eropa juga bisa berpengaruh. “Pengaruh yang terasa adalah dalam hal investasi dan pendanaan kredit,” katanya.

Dalam diskusi tersebut Sudirman, yang juga Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor, menyampaikan angka penjualan mobil Indonesia tahun 2011 mencapai 894.180 unit, atau naik 17 persen dari tahun sebelumnya. Daihatsu sendiri telah membukukan penjualan sebesar 118.591 unit tahun 2011, atau naik 18 persen dari tahun sebelumnya.

Di sisi lain, Direktur Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi, Budi Darmadi, menyebutkan angka penjualan satu juta bisa saja tercapai tahun ini atau tahun depan, tergantung pada keadaan ekonomi. “Menurut saya pasar Indonesia menjanjikan,” katanya.

GADI MAKITAN

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi