Ertiga dan Genjot Purnajual  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 22 April 2012 05:45 WIB
Suzuki Ertiga. team-bhp.com

TEMPO.CO , Jakarta:-- Persaingan yang semakin sengit di segmen kendaraan multiguna (MPV) membuat semua pemegang merek memikirkan strategi untuk mempertahankan pasar. Termasuk pemimpin pasar di kelas ini, PT Toyota Astra Motor, pemegang merek Avanza.

Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Johny Darmawan menyatakan salah satu kunci untuk tetap menjadi pemain utama adalah dengan memberi pelayanan terbaik kepada konsumen. “Tidak ada kompromi dalam memberi servis kepada konsumen. Terlebih karena ketatnya persaingan di kelas MPV, terutama untuk harga rendah,” katanya ketika dihubungi kemarin.

Salah satu yang ditawarkan Toyota adalah menyiapkan fasilitas terbaik, baik untuk layanan penjualan maupun purnajual. Caranya dengan menjamin kualitas layanan di seluruh jaringan bengkel Toyota.

Sejak beberapa tahun terakhir, Toyota Avanza memang mendominasi penjualan mobil tipe low MPV. Pada 2010, mobil ini laku sebanyak 141.799 unit. Jumlah tersebut melonjak menjadi 162.367 unit pada tahun berikutnya. Sedangkan hingga kuartal pertama tahun ini, 47.998 unit Avanza sudah terjual.

Perbaikan layanan purnajual juga menjadi andalan PT Astra Daihatsu Motor. “Jika pelanggan ingin mobil lama diganti menjadi mobil baru, misalnya, kami siapkan outlet mobil bekas yang akan membeli dengan harga kompetitif,” kata Direktur Pemasaran Daihatsu Amelia Tjandra.

Dua pemain lama di segmen MPV di antaranya Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Tak mau ketinggalan, Suzuki hari ini juga secara resmi merilis produk barunya, Ertiga, untuk bersaing di segmen tersebut.

Nissan, dengan produk Grand Livina, yang sukses memasarkan Grand Livina sebesar 30 ribu unit per bulan sejak dua tahun lalu, juga berencana menggeber produk teranyarnya, Nissan Evalia. Tapi hingga kini PT Nissan Motor Indonesia belum mengumumkan waktu rencana penjualan Evalia.

"Kami masih mempersiapkan produksi karena kandungan lokal Evalia cukup tinggi," kata Vice President Director Sales and Marketing Nissan Motor Indonesia Teddy Irawan, beberapa waktu lalu.

I WAYAN AGUS PURNOMO | RR ARIYANI

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi