Jambore Nasional Motor Antik Digelar di Lumajang
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 15 Mei 2012 03:52 WIB
Pawai sepeda motor antik. TEMPO/ Subekti

TEMPO.CO , LUMAJANG:- Jambore Nasional Motor Antik bakal digelar di Lumajang pada Jumat, 18 Mei 2012 hingga Minggu, 20 Mei 2012. Ribuan motor antik diprediksi bakal meramaikan agenda rutin tahunan pecinta motor antik se-Indonesia ini.

Sesepuh Motor Antik Club Indonesia (MACI) Kabupaten Lumajang, Sugiono kepada Tempo, Senin siang, 14 Mei 2012 mengatakan kalau sejumlah tokoh motor antik nasional menyanggupi datang dalam acara rutin tahunan ini. Sugiono mengatakan kalau Jambore Nasional Motor Antik pada tahun 2012 ini merupakan yang ke-19 dan baru pertama kalinya digelar di Kabupaten Lumajang.

"Jambore Nasional ke-18 sebelumnya digelar di Magelang," kata dia. Kabupaten Lumajang ditunjuk sebagai tuan rumah jambore nasional ini atas dasar keputusan dalam Musyawarah Nasional di Ambarawa, Jawa Tengah pada Desember 2012 silam.

"Dalam musyawarah tersebut akhirnya diputuskan jambore nasional ke-19 digelar di Lumajang," kata Sugiono. Dan untuk Jambore Nasional ke-20 pada 2012 mendatang, rencananya akan digelar di Lampung. "Ini menjadi kebanggaan tersendiri karena sebelumnya jambore nasional selalu digelar di Ibukota Propinsi," katanya.

Sugiono menambahkan, antara 1500 hingga 2000 peserta akan meramaikan jambore nasional motor antik yang rencananya dipusatkan di Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT) Kabupaten Lumajang. Dia menambahkan kalau gelaran jambore nasional bekerjasama dengan Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang.

Penggemar motor antik dari seluruh Indonesia, kata Sugiono, bakal hadir dalam acara tersebut. "Yang dari luar jawa biasanya , motornya diangkut dengan kapal baru kemudian dikendarai ke lokasi digelarnya jambore," kata dia. Sementara itu, Juru Bicara Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang, Indriyanto dihubungi Tempo siang ini mengatakan, acara Jambore Nasional Motor Antik ini akan diwarnai pagelaran seni.

"Ini merupakan sekaligus ajang promosi pariwisata di Kabupaten Lumajang," kata Indriyanto. Para peserta jambore nasional ini, kata dia, nantinya juga akan diajak berkeliling ke obyek wisata di Kabupaten Lumajang.Sejumlah suguhan pertunjukan menarik lainnya, kata Indriyanto adalah pegelaran musik serta sejumlah atraksi motor antik dari peserta jambore nasional ini.

DAVID PRIYASIDHARTA

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi